iKON Double Digital Single ㅡ “Apology” Music Video


image

Ada sedikit pengunduran jadwal dari YG. Awalnya, full album bakal dirilis tanggal 2 November 2015, tapi karena satu dan yang lainnya, mereka mesti ngumumin perubaha jadwal tersebut di akun twitter officialnya.

image

Albumnya diundur jadi tanggal 14 Desember 2015, bulan November jadinya cuma bakal keluar dua lagu yang mereka sebut double digital single, dirilis tanggal 16 November 2015.

Mereka juga udah umumin bahwa lagu yang bakal dirilis di bulan November ini adalah Apology dan Anthem. Dari judulnya kayanya udah ketauan ya, Apology adalah lagu yang mengharu biru kaya Airplane, dan Anthem adalah lagu hiphop kaya Rhythm Ta. Kali ini, kita cuma bakal ngebahas Apology. Anthem-nya disimpen dulu aja buat postingan selanjutnya jika waktu berkenan ya 😀

image

image

Di foto teaser per member, ada sedikit tulisan di tiap fotonya, itu adalah potongan lirik lagu ini.

image

“그 혼한 사진 한 장도 남기지 못한 채 마지막 순간까지도 우린 나만 생각해”

“Without even leaving a single photo like everyone else takes, until the very last moment, we only think of me”

image

“언제나 넌 같은 자리에 항상 날 기다렸지만 I was gone I was gone”

“You always waited for me at the same place as always but I was gone, I was gone”

image

영원히 함께하잔 그 약속 이제는 없는 거야 지겨주지 못해서 미안해”

“That promise we made to be together forever, no longer exist. I’m sorry I couldn’t help it”

image

“바보같이 나를 믿지마 영원히 널 지키깄단 말 거짓말 거짓말”

“Don’t trust me like a fool, I said I’d protect you forever. But it was all a lie, lie”

image

“뒤집어놓은 내 전화기엔 너의 마지막 한 통의 부재중 전화”

“My phone’s flipped over but on it is your last missed call”

image

“우리 추억 노을처럼 짧고 아름답기를 바래”

“I hope our memories are short and beautiful”

image

“언제나 난 다른 자리에 매일 밤 나의 친구들과 I’m out all night”

“I’m always at different places every night with my friends, I’m out all night”

Dari liriknya aja udah ketauan kayanya gimana lagunya. Keseluruhan tentang cowok yang nyesel dan minta maaf sama ceweknya (baru aja jadi mantan) karena selama ini dia udah memperlakukan si cewek dengan tidak baik.

Sejalan sih sama MV nya sendiri.

image

Konsepnya yang black and white bikin suasana jadi makin mengharu biru.

image

image

image

image

image

image

Liat dulu latar yang mereka masing-masing pake. Bobby di jalanan, dia lagi lari menyusuri jalan itu. Junhoe baru datang ke sebuah tempat, agak gersang suasananya. Donghyuk ada diatas tempat tidur. Jinhwan ada di sebuah pemakaman. Yunhyeong lagi menyusuri sebuah lorong gelap dan bertangga. Chanwoo ada di sebuah aula yang penuh kursi, disana juga ada seorang cewek. B.I galau di mobil, keliatan dari wajah sendunya.

Junhoe keluar dari mobil. Gak jauh dari dia ada ceweknya. Junhoe rencananya mau ngejelasin semua hal yang dia anggap ‘kesalahpahaman’ ke cewek yang kemaren baru aja mutusin dia itu.

image

image

Donghyuk sendirian di kamar menyesali perbuatannya selama ini ke ceweknya. Dia sadar selama ini sering ngasih omong kosong ke ceweknya, yang dia sendiri tau gak akan bisa dia tepati.

image

image

image

Scene terakhir Donghyuk kaya nempelin tangannya didepan TV itu dijelaskan di liriknya Bobby. Gara-gara ini dia jadi mellow, nontonin drama di TV. Drama itu kaya lagi ngeledek dia banget. Hidupnya sekarang jadi drama gini. Dia udah coba ngejauh, ngasih kesempatan si cewek buat berpikir dulu sebelum mutusin mau ngambil keputusan apa. Tapi tetep, ceweknya pengen Bobby pergi jauh dan gak kembali lagi.

image

B.I masih nyoba ngejar ceweknya, mumpung belom pergi. Dia gak mau ujungnya kaya gini. Dia masih pengen memperbaiki semuanya. Dia tetep pengen ngejelasin semuanya dulu meski si cewek sebenernya gak mau denger apa-apa lagi.

image

image

image

Si cewek sadar Junhoe dateng ke tempat itu. Akhirnya. Tapi, Junhoe dateng disaat yang udah gak bagus lagi. Sekian lama si cewek nunggu Junhoe, tapi dia gak pernah datang. Dan sekarang, Junhoe datang saat kesabarannya udah habis. Dia gak mau harus jadi pihak yang selalu menunggu.

image

image

Jinhwan mungkin yang keliatan paling menyesal disini. Dia harus minta maaf sama siapa sekarang? Dia udah nyakitin hati seorang cewek tanpa minta maaf sampe di akhir hari cewek itu. Gak ada lagi yang bisa dia lakuin. Dia masih ngerasain kehadiran sang cewek di sekitarnya. Tapi tetep aja, udah terlambat buat minta maaf.

image

image

image

Yunhyeong dateng ke tempat dulu biasanya dia ketemu ceweknya. Dan ya, sesuai prediksi ceweknya ada.Tapi, apa ceweknya masih mau liat dia? Enggak.

image

image

image

Beda sama Chanwoo yang sebenernya udah dikasih kesempatan bagus. Dia ada berdua disana sama ceweknya, sebenernya dia bisa langsung jelasin cerita versinya ke sang cewek, tapi dia sadar dia yang salah, jadi agak ragu.

image

image

B.I gak suka drama. Dia terlalu kesel. Iya emang selama ini dia salah, nyuekin ceweknya, ga peduli, tapi kan maunya dia si cewek omongin ini baik-baik aja. Saking emosinya B.I sampe ngelemparin botol minuman ke mobil ceweknya.

image

image

image

Bobby udah gak punya pilihan apa-apa lagi. Dia tahu dia salah dan dia gak mau liat ceweknya nangis gara-gara dia lagi. Meski berat, Bobby bener-bener mutusin buat ngejauh.

image

image

image

image

image

Junhoe berantem parah sama ceweknya. Junhoe bersikukuh buat ngejelasin semuanya, sesuai sudut pandang dia. Dan si cewek juga tetep mikir Junhoe jadi yang bersalah. Dua-duanya sama-sama keras kepala dan gak mau ngalah.

image

image

Mau minta maaf, lewat apa? Donghyuk bingung. Udah gak ada kesempatan lagi buat dia. Penyesalan emang selalu datang di akhir. Ceweknya udah gak ada sekarang, ya dia bisa apa? Dia bahkan gak tahu disana ceweknya maafin dia atau enggak. Mungkin maafin, tapi Donghyuk juga tetep berpikiran negatif. Padahal jauh di dunia sana, ceweknya udah maafin dia.

image

image

image

image

Jinhwan juga. Semasa hidup ceweknya, sebenernya Jinhwan gak pernah ngelakuin salah yang bener-bener gak termaafkan. Dia dan ceweknya baik-baik aja. Cuma, pas kejadian itu, Jinhwan gak ada disamping ceweknya. Pas cewek itu meninggal, dia gak bisa liat untuk terakhir kalinya. Penyesalannya sampe berlarut-larut. Jinhwan gak mau beranjak dari makam ceweknya. Berharap ada sebuah kekuatan yang bisa bikin ceweknya balik lagi, sebentar aja. Jinhwan cuma mau bilang maaf, dan setelah itu dia rela ceweknya pergi. Tapi semua itu cuma bayangan aja. Orang yang udah meninggal gak mungkin hidup lagi.

image

Yunhyeong termasuk yang gak banyak drama juga. Meski dia dikata-katain sama ceweknya setelah minta maaf, dia terima aja. Ya emang dia yang salah? Emang udah harusnya si cewek marah sama dia. Gak ada alasan dia buat ngeles.

image

image

Junhoe sok cool didepan ceweknya. Dia mau yang terbaik buat mereka berdua dan daripada ceweknya terus tersakiti sama perlakuan Junhoe, mending mereka selesai sampe disini. Si cewek gak terima, tapi Junhoe gak mau nego apapun lagi. Semua udah selesai sekarang. Apa Junhoe seneng? Enggak sama sekali. Dia ngelakuin ini semua buat kebaikan sang cewek, sesuai sudut pandangnya.

image

image

image

image

B.I baru ada inisiatif buat ngejar si cewek setelah mobilnya pergi. Apa-apaan. Otaknya yang telat mikir atau dia yang action nya setengah-setengah? Sikap dia yang kaya sempet ngebiarin si cewek pergi bikin perasaan si cewek makin terluka. Dia mikirnya, B.I emang udah gak bisa atau gak mau pertahanin dia lagi.

image

image

image

Bobby lelah lari terus. Dia gak bisa terus kaya gini. Walaupun dia pernah ngelakuin salah ke ceweknya, bukan berarti dia gak termaafkan, iya kan? Mungkin ceweknya masih mau maafin dia. Bobby gak mau hidup di dunia yang kerasa kaya neraka saat itu.

image

Karena salah satu hal yang bisa meruntuhkan neraka itu adalah.. maaf. Saat semuanya termaafkan, dunia yang tadinya neraka bisa langsung berubah jadi surga.

image

Sesuatu pesan yang mau diberitahu lewat MV ini adalah, seberapa besar kesalahan yang kalian buat, cobalah minta maaf. Mungkin maaf gak akan ngubah keadaan jadi kaya dulu lagi, tapi setidaknya ada usaha yang dilakuin buat memperbaikinya. Mungkin maaf juga gak akan diterima, resiko. Tapi masih ada presentase maaf itu diterima kan? Seperti kata Bobby tadi, dunia yang terasa kaya neraka bisa seketika berubah jadi surga jika maaf itu diterima. Jadi langkah awal adalah, coba minta maaf atas semua kesalahan yang pernah kalian buat. Apa salahnya mencoba mempertahankan?

image

*

Agak lama (atau lama banget) ngerjain postingan ini, lagi banyak hal yang mesti dikerjain. Karna rencananya setelah postingan ini mau bikin Anthem juga, kayaknya batal deh huhu. Mereka udah mau rilis full album juga kan tanggal 14 nanti, kita ketemu di album baru mereka aja ya 🙂

Ngomong-ngomong, tadi malem iKON berhasil dapet rookie award di MAMA! Selamat! 😉

.

.

.

.

.

By : ririnovi
Pictures from YG Official Twitter
Captured from iKON – 지못미 (APOLOGY) M/V
Apology’s english trans by
kayuni206

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s