[EXO 90:2014] Music Video from Jo Sungmo – Do You Know (아시나요) With Tao


image

Baiklah, pertama-tama aku mau bilang kalo disini aku gak akan nge-post capture dari MV aslinya, yang versi Jo Sungmo. Karena MV nya panjang sekali 6 menit 33 detik dan adegannya juga kebanyakan cepet, jadi capture-nya blurred. Disini aku ceritain aja alur cerita di MV itu secara singkat aja ya. Tapi kalo yang mau nonton juga bisa disini (uploaded by JongDuck Park).

Udah tertarik dari awal karena konsep nya ada di lingkungan perang. Jadi banyak tentara yang lagi turun dari kendaraan perang mereka, pulang ke barak pengungsian. Ada dokter yang lagi nyuntik seorang cewek, lalu eyecontact sama salah satu tentara cowok disana. Disitu udah mulai keliatan ada benih-benih gimana gitu sampe si cowok dipukul kepala sama atasannya karena gak fokus 😀

Si cowok keliatan banget lagi jatuh cinta nya. Dia nulis sesuatu di buku dan digodain sama temennya. Dibelakang mereka ada satu tentara lain yang ngeliatin, bapak-bapak, entah siapa dia. Di scene selanjutnya, bapak-bapak itu terlihat sedang berdebat dengan dua orang lainnya dan dia yang kalah. Keliatan dari wajahnya yang gak puas.

Lalu ada penyerangan ke desa. Semua warga panik.

Si bapak tadi disini keliatannya berperan jadi komandan pasukan. Semua warga buru-buru lari cari tempat aman, nah si cewek sama adiknya ketinggalan karna adiknya jatoh. Masih inget temen si cowok yang ngegodain waktu bikin surat tadi? Dia muncul lagi disini dan perannya agak lawak, tapi mencairkan suasana. Dia senyum terus, bercanda padahal keadaan lagi genting sampe dipukul kepala sama komandannya. Dia juga sempet-sempetnya ngurusin kupu-kupu yang ada didepan mata dia padahal orang lain repot tembak-tembakan. Tapi aku mikirnya, mungkin si kupu-kupu ini ada filosofi-nya. Oke balik lagi ke cerita. Si cowok lawak ini ngeliat kearah adiknya si cewek dan nyelametin dia sampe akhirnya dia mati ketembak.

Si cowok pemeran utama gak rela temennya mati ditangah musuh. Dia harus balas dendam.

Keadaan agak turun lagi, mereka kembali ke markas. Si cewek nyamperin si cowok sambil hujan-hujanan dipayungi daun pisang, jadulnya keliatan banget 😀 terus mereka ngobrol.

Di sisi lain, ada yang lagi debat. Di awal tadi kan sempet ada yang debat juga tiga orang, disini yang debat tinggal dua. Minus komandan pasukan tadi. Kali ini yang debat satu bapak-bapak yang pasti jabatannya tinggi juga dan satu bule. Lalu kemana si komandan tadi?

Dia ketangkep sama musuh, disiksa dan dijadikan sandera. Pas dimasukin ke penjara bawah tanah, si komandan ini sempet ngejelasin sesuatu di sebuah papan putih ke musuhnya itu, tapi musuhnya ngeliatin kaya yang aneh.

Kembali ke markas, mereka lagi menyusun strategi. Si cewek sama si cowok asik-asik berduaan diluar. Tapi diganggu sama seorang tentara yang minta si cewek masuk kedalem. Lalu si cewek masuk dan dia ngejelasin sesuatu, kayanya strategi perang tadi. Disini aku menyadari sesuatu, ini sok tahu aja ya. Jadi diawal ada yang debat bertiga, ngedebatin strategi perang. Usul bapak komandan pasukan tidak disetujui, akhirnya dia sakit hati kan. Eh pas di medan perang, dia ketangkep dan disekap. Saking sakit hatinya, dia ngasih tahu rencana perang dia ke musuh, tapi musuhnya kaya gak percaya gitu sama dia. Ya masa percaya sama musuh sendiri kan gak masuk akal?

Keesokan harinya, para tentara udah siap mau maju ke medan perang lagi, si cewek ngasih liontin dari kalungnya buat si cowok, diselipin di topinya. Mereka pamit-pamitan. Di sudut lain, pemimpin mereka udah siap naik keatas mobil dan si cewek ini ngejar, bilang pengen ikut dan jadinya ikut naik.

Pas sampe di medan perang, keadaan udah kacau balau. Si cewek ini kayanya yang tahu daerah situ, atau emang yang paling tahu strateginya, makanya dia dibawa. Soalnya kalo buat ikut perang tembak-tembakannya, dia tidak ada kontribusi sama sekali.

Si cowok berhasil membalaskan dendamnya ke komandan pasukan musuh yang ngebunuh temen kocaknya itu. Tapi kemudian waktu dia lagi lari ke tempat persembunyian, si cewek ketembak duluan. Dan akhirnya cewek ini juga mati.

Agak miris karena liontin yang dikasih si cewek ke si cowok itu adalah liontin lambang salib, yang berarti buat melindungi. Doa bahwa Tuhan bakal ngelindungin si cowok. Iya, Tuhan emang bikin si cowok selamat dan tetap hidup, tapi si cewek akhirnya mati.

Uh.

Sebenernya banyak yang gak aku paham di video ini, kebanyakan sok tahu. Tapi karena terbawa suasana lagu dan lingkungan di videonya, sedih aja.

Huh baiklah, sekarang kita lihat video versi 2014 nya.

Video diawali dengan Tao yang lagi nutup toko bukunya. Lalu cewek, ㅡyang disini adalah mantan pacarnya- lewat bareng pacar barunya (SM Rookies, Yuta).

image

Si cewek dan Tao berpandangan gitu, suasananya sedih. Tapi ceweknya lanjutin jalan sama Yuta. Disitu Yuta kaya nanya “Siapa dia?” “Bukan siapa-siapa.”

Tipikal FTV.

image

Terus muncul scene-scene galau. Si cewek lagi ngeliatin kalung berliontin lambang salib. Tao juga punya, ceritanya itu hadiah dari Tao. Masing-masing dari mereka punya satu. Disini ada Jo Sungmo nya muncul dikit sebagai cameo 😀

image

Flashback dulu waktu masih jadi pacar.

image

Ini lagi pakein kalung tadi

image

Balik lagi ke waktu sekarang. Pas Tao lagi beresin buku disana, ada sebuah amplop warna cokelat yang jatoh. Ternyata itu isinya surat dari si cewek. Si cewek ini emang suka nulis-nulis surat di kertas lalu diselipin diantara buku. Dan itu gak cuma satu, ada banyak.

image

image

Kemudian ada bagian Tao dan cewek itu lagi marahan, mereka debat dan berakhir dengan si cewek yang pergi dari toko buku itu.

image

Flashback lagi waktu mereka lagi bahagia. Mereka chatting via LINE. Ya sebenernya ini promosi banget sih tapi ya udahlah ya.

Ngomong-ngomong dikontaknya Tao ada nama “카이” itu asli Jongin atau bukan? 😀

image

Ada lagi flashback, ini favorit aku! Meskipun lagi-lagi masih iklan karena ada boneka Brown & Cony tapi ini bener lucu. Mereka minum susu barengan, gayanya samaan bareng. Beneran kaya lagi iklan.

image

image

Tao minum dari botol yang lebih gede, si cewek pake botol yang lebih kecil. Lalu Tao nepuk pundaknya sendiri, nyuruh si cewek nyender. Manis banget. Meski agak bikin sirik ya, dikit.

image

Tao mulai galau galau lagi. Keingetan terus sama si cewek. Dia duduk sendiri di toko bukunya, ngambil botol susu dan minum juga sendiri. Ini kayanya botol punya si cewek deh soalnya agak kecil di tangan Tao dibanding yang pertama. Miris banget.

image

Dia lanjutin galaunya dengan ngebayangin, dulu si cewek tuh pernah berdiri disini, berdiri disana. Sambil baca-bacain surat dari si cewek. Lama-kelamaan, surat-surat dari si cewek itu tulisannya ㅡdengan sangat ajaib- pudar.

image

image

Beralih ke tempat si cewek, dia lagi megangin kalung dari Tao, terus Yuta kepo. Dia minta kalung itu, awalnya si cewek gak ngasih tapi akhirnya dikasihin juga ke Yuta. Diganti pake kalung baru, pemberian Yuta, langsung dipakein. Pas lagi pakein kalung, adegan sinetronnya muncul lagi. Tiba-tiba Tao lewat situ dan liat kejadian tersebut.

image

image

image

Si cewek liat Tao, lalu cewek ini lari buat ngejar dia. Yuta ditinggal sendiri. Si cewek sampe di toko bukunya Tao, tapi toko bukunya tutup.

image

Si cewek liat ada kalung Tao tergantung didepan pintu toko itu, lalu dia ikut gantung punyanya juga.

image

Pas mau balik lagi, taunya ada Tao di belakang dia.

Sebenernya aku nungguin Yuta datang buat nyusul ceweknya, tapi ternyata cerita berakhir dengan Tao dan si cewek saling berpandangan.

Uh.

Aku sempet nanya nanya sih kenapa MV versi Tao gak dibikin dalam keadaan perang juga? Kan pasti kereeeen! Baru nanya gitu, tau tau Mnet nge-upload foto ginian:

image

Kan langsung ngakak.

Nah untuk di MV versi Tao ini, jangan kaget karena yang nyanyinya kok cewek? Ini dinyanyikan ulang oleh Wendy, dan karena emang suara Wendy cocok buat nyanyi yang ballad-ballad gini jadi ngenanya sama kaya versi Jo Sungmo.

Tadinya aku pikir Chen yang bakal ngisi suara di lagu ini, ternyata enggak. Chen nyanyi di episode ini tapi lagu Jo Sungmo yang judulnya To Heaven. Udah gak usah ragu lagi suara Chen, empuk banget ㅠㅠ kayanya gak ada lagu yang gak pernah dia gagal nyanyikan ㅠㅠ

Kalo mau nonton videonya bisa disini (uploaded by Mnet).

image

Dan sebagai penutup, mau minta maaf dulu karena ini episode minggu kemarin. Jadi kemarin aku sempet sakit. Flu aja sih sama batuk, tapi bikin kepala puyeng juga makanya gak bisa tidur malem-malem. Ya kalo gak malem kapan lagi aku bisa nge-blog? 😀

MV yang Lay udah keluar, semoga bisa di post secepatnya ^^

By: ririnovi
Captured from EXO 90:2014 Jo Sungmo – Do You Know (Tao ver.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s