#2yearsWithEXO


image

Harus bilang apa ya? EXO itu udah kaya kesayangan banget. Sebenernya gak ngikutin dari awal debut apalagi awal teaser sih, cuma emang udah tahu EXO itu dari sekitar Bulan Agustus 2011. Awal tahun 2012 cuma tahu aja, dan officially terjangkit itu sejak Mei 2012. Gila, ya mesti hapal dong jalan hidup bareng EXO. Aciye.

Mau ngomongin apa ya di postingan EXO? Suka duka nya aja deh selama ngestan mereka.

Oke, pas dulu pernah rencana bikin FF bareng @neshanavy dan pengen cast-nya Jongin (sekitar bulan April atau Mei 2012), entah kenapa ya karena saat itu yang heboh banget emang Jongin, ya secara gitu yang paling digembar-gembor sama SM. Kasarnya sih KPOPers pelosok mana yang gak tahu siapa itu Jongin, ehm Kai. Tapi, pas ulang tahun Suho 22 Mei 2012, jadilah memilih seorang bias. Bukan Jongin yang selama ini sering diomongin, tapi Baekhyun. Sampe sekarang alhamdulillah sih masih nge-bias Baekhyun dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Pas MAMA era itu, gak begitu banyak ngorek-ngorek informasi tentang EXO. Paling sempet nonton waktu mereka di Shim Shim Ta Pa, terus dimana itu yang Chanyeol-nya beatbox…. Power….. apa ya lupa namanya πŸ˜€ dan beberapa acara di China, semacam IFENG dan Yin Yue Tai. Juga pas mereka ke Thailand itu! Yang naik-naik bajaj di museum wakakakak.

Mulai addicted banget EXO itu mungkin sekitaran Juni atau Juli. Karena Agustus udah sering nge-update soal rumor comeback mereka. Masih pada inget kan masa-masa rumor itu? :’)

Awalnya rumor mereka comeback Bulan Agustus, setelah dilewati ternyata Agustus adem ayem aja gak ada tanda apapun. Kemudian muncul lagi rumor comeback Bulan Semptember. Inget banget tanggal 9 September 2012 katanya. Bahkan ada yang ngerilis tracklist album mereka nanti. Yang aku inget disitu ada lagu Beautiful, yang ada di teaser Lay (Baekhyun sama Chen numpang, wkwk). Suka banget sama teaser lagu itu dan merasa senang bakal ada di album. Terus ada Suho solo, lagunya Alias. Lay juga solo, lagunya Perspective. EXO-M ft. Baekhyun Chanyeol, judulnya Switch. EXO-K ft. Xiumin Chen (kalo gak salah?). Ah udah paling asik banget. Lagu utamanya itu dibilang judulnya “Mystic“. Aciye EXO sok misterius banget πŸ˜€

Tapi kemudian September juga tenang aja tuh gak ada kabar EXO mau comeback. Sampe Oktober juga gak ada apa-apa. Muncul lagi pas Bulan November, katanya EXO bakal comeback setelah SNSD comeback. Dan SNSD -saat itu- dijadwalkan comeback Bulan November. Oke, berarti November akhir mungkin?

Tetep gak ada apa-apa sampe November akhir. Dapet kabar lagi SNSD comeback-nya awal tahun depan. Yaelah, EXO berarti sekitar Februari atau Maret? Itupun kalo SNSD comeback Januari.

Menunggu lagi. Yes! SNSD comeback di Januari! Waktu I Got A Boy. Berarti EXO bentar lagi! Udah ada rumor juga EXO comeback Bulan Februari, tanggal 25 apa berapa gitu lupa. Namun ternyata, di Februari adalah berita tentang comeback SHINee yang Dream Girl. Sudah mulai capek sih ya, cuma ternyata ada kemajuan di Bulan Maret.

Bulan Maret ini, EXO rajin banget bolak-balik gedung SM dengan rambut yang suka gonta-ganti warna. Ini berarti, mereka lagi ada project kan? Ya minimal project apa gitu meskipun bukan buat comeback. Sampe akhirnya, lagu Wolf bocor di internet dan bikin heboh. Gimana enggak? Ya lagu itu emang suara mereka, dan itu masih dalam bentuk demo. Suara Baekhyun woaaaah cemprengnya jelas banget pas nada tinggi! Hahay. Juga lagu 365 yang bocor. Pertama denger emang mirip intro One Direction ya, kesannya bukan EXO banget tapi oke disini kita bukan akan membahas itu.

Mulai semangat nih, ada rumor lagi EXO comeback Bulan Maret, bareng JJ Project juga yang saat itu sama-sama belum comeback πŸ˜€
Tapi, Maret juga tetep gak ada apa-apa.
Mungkin karena bosen, saat itu mulai mencari kesenangan lain dan bertemunya sama B1A4. Sebenernya bukan hal baru sih suka sama mereka, karena dari dulu juga emang tiap B1A4 keluar lagu baru, entah kenapa suka aja, masuk ke selera kuping. Sekitar sebulanan suka B1A4 banget, sempet ngeliatin live performance mereka dari jaman Baby I’m Sorry sampe nonton Hello Baby B1A4. Kemudian ngelirik INFINITE yang baru comback Man In Love. Dari situ langsung sukaaaa banget sama INFINITE, suka sampe beneran suka banget sampe nontonin Sesame Player dan apa ya satu lagi lupa nama acaranya. Yang awalnya mereka ketemu di sebuah kuil gitu, Woohyun pura-pura mereka baru pertama ketemu, hahay.

Sekitar April, fans yang lagi nge-stalk didepan gedung SM bilang kalo EXO lagi latihan pake lagu Wolf. Jadi bener, lagu itu -kemungkinan besar- bakal jadi lagu comeback mereka. Kata dia, Baekhyun sempet kesulitan ngeraih nadanya yang tinggi itu, kemudian dibantu sama D.O. Mereka juga latihan satu lagu yang entah apa.

Masuk ke Bulan Mei, mereka manggung di Dream Concert, dan masih membawakan lagu MAMA. Agak gimana gitu dua tahun berturut-turut ikut Dream Concert tapi lagunya itu-itu aja, hahay. Gapapa bro gapapa.

Dan ini yang paling bikin kaget sedunia. Pas April kan aku ikut Ujian Nasional, jadi setelah itu bebas kan? Bangun jam 7 pagi dan ke sekolah jam 10. Sesuka hati aja. Kebetulan pas tanggal 15? Aku pagi-pagi buka laptop, langsung login twitter. Ada foto mereka pake baju rapi gitu seragam, fotonya item-putih. Awalnya ngira itu biasa lah edit-editan fans yang emang udah kebelet banget pengen EXO cepet-cepet comeback. Tapi pas kemudian makin banyak yang bilang itu teaser comeback EXO, gak bisa bohong lagi. Langsung teriak, loncat-loncat kemudian guling-guling di lantai (sayang gak direkam, wkwk) iya lebay tapi bodo amat. Ini tuh semacam penantian selama kurang lebih setahun dan kebayar gitu aja pake foto mereka di buklet. Ah, gak tau lagi gimana rasanya, itu bener-bener :’)

Dari situ dirilis teaser foto per member. Ada jongin yang dikepang(?), Sehun rambut warna-warni, Lay yang sok muslimah, Baekhyun yang lucu banget rambutnya blonde, Luhan naik-naik keatas, dan lain-lain lah ya. Ih nulis gini bikin seneng sendiri masa haaaaakssss

Pas 29 Mei 2013? Dirilis teaser video yang mereka yang ricuh di suatu tempat, nunjukin kalo mereka emang werewolf. Lambang jaman MAMA yang nempel di tangan Luhan, Kai, dan Kris. Dan ini video pertama aku denger malem-malem, bikin merinding -.-

Dirilis lagi teaser video kedua. WAW! JONGIN CIUM-CIUM CEWEK! Yah, dimulailah keseruan dari comeback kali ini kan. Awalnya sempet yang jealous juga sih sama ceweknya, Yoon Sohee. Cuma kesini-kesini ya gapapa lah, masih untung cuma cium pipi πŸ˜€

Sebelum rilis MV, video dance practice Wolf bocor di internet. Saat aku tahu, video-video di youtube udah di-block semua sama SM, cuma ada video di tumblr yang belom ke-blok, jadi aku sempet download. Bagus! Apalagi pas liat awal mereka jadi pohon itu, udah keren banget :’)

Pas rilis MV, ternyata ini MV biasa. Cuma nampang muka dan dance aja. Tetep gak mengurangi kehebohan. Ditonton semua live performance mereka, meski agak bosen nonton semua dalam satu waktu -.-

Pas rilis drama version nya, itu hampir bareng sama INFINITE rilis video Destiny. Malah lebih ke Destiny saat itu, karna drama version nya diluar dugaan, pendek banget cuma tiga menit. Meskipun emang bersambung sih. Dan nunggu bagian Kai cium cewek, tapi gak ada. Mungkin di lanjutan video ini πŸ˜€

Wolf baru goodbye stage, tiba-tiba dua minggu kemudian muncul teaser lagi yang katanya comeback EXO. Apaan ini mereka masa comeback lagi?? Ini kecepetan 😦 tapi tetep seneng sih, dan ngikutin Growl sama kaya waktu ngikutin Wolf. Dan disini, aku mulai memberanikan diri buat beli album EXO. Ya, sebelumnya emang gak pernah kepikiran buat beli, baru kali ini, hehe. Dan order! Ternyata dapet photocard TAO! Ini kebeneran banget karena saat itu aku lagi suka sama Tao πŸ˜‰

Selama promo Wolf dan Growl ini mereka sibuk terus kan ikutan variety show atau apapun lah itu dari mulai semua dateng sampe yang sendiri, berdua, berempat, atau berenam. Tampil di Weekly Idol, Running Man, China Love Big Concert dan lainnya. Sampe di MAMA 2013 mereka masih tetep sibuk. Dan yaay! Mereka membuat sebuah variety show sendiri yang bernama EXO SHOWTIME. Tayang perdana 29 November 2013. Dan rumornya, nama dan warna fandom official bakal diumumin di episode pertama Showtime. HOAX BRO.

Gak lama, mulai berhembus kabar lagi EXO mau comeback. Wah bener nih balas dendam banget mereka tahun kemaren gak comeback sama sekali, jadi diluapkan di tahun ini. Yang bakal dirilis itu album spesial natal. Dan muncul juga rumor tracklist album. Disitu ada Run and Gun. Kaget gak sih masa album natal ada lagu semacam itu? Huahaha btw buat teaser Run n Gun ada di teaser debut mereka.

Yes! Teaser keluar dan positif ini harus beli lagi albumnya. Miracles In December, karena dari preview-nya emang bagus. Jadilah bener order, dan dapet snowball Jongin! Pas juga lagi suka Jongin (dua kali beruntung ceilah)

Sampe sekarang, bentar lagi EXO mau comeback dan gimana dong mesti nyiapin uang lagi buat mereka? Hahaha. Jadi, begitu banyak sih suka duka disini. Mulai dari Jongin waktu jatoh didorong sasaeng di bandara itu aku nangis, fans yang pada nangis didepan gedung SM gara-gara gak mau Jongin ada adegan kissing, fanwar dimana-mana, nge-ship BaekYeol yang saat itu semakin lama semakin rapuh, nonton Happy Camp sampe ngakak guling-guling, dan baca fan-account selama mereka fansign. Itu semua kerasanya udah naik turun banget. Kadang aku sayang banget sama mereka, tapi kadang sebel, apalagi kalo udah lipsync. Tapi tetep dari lubuk hati yang terdalam sebenernya emang aku sayang sama mereka. Aku menghina bukan karena aku gak suka, tapi karena aku perhatian sama mereka. Aku muji mereka juga bukan berarti aku lagi ada dalam posisi sayang banget ke mereka, bisa jadi lagi gak mood. Malah yang mood itu pas ngehujat πŸ˜€

Dan ini fandom yang bener-bener kayanya aku bakal stay disini, entah aku gak mau ngitung waktunya sampe kapan. Bisa dibilang aku nyaman sih disini. Orang-orangnya asik dan mereka gak segan buat mem-bully idol-nya sendiri. Cara sayang yang seperti itu yang malah bikin aku bakal tetep lama suka sama mereka. Bukan yang setiap waktu memuji-muji, sayang-sayangan, soalnya bosen kan kalo gitu aja. Tentu saja dibelakang oppa ya, kalo didepan oppa sudah pasti kita puji dengan sepenuh hati. Gak sepenuh hati juga sih.

Jadi waktu itu sempet ada yang bikin project kirim surat ke EXO lewat loker yang ada di BWCW, aku ikutan. Gak tau ya suratnya nyampe atau enggak. Itu tuh bikinnya, ngebentuk dulu kertasnya segienam dan dikasih pola lambang EXO kemudian baru ditulisin. Ya gitu deh, bilang saranghae saranghae. Surat itu buat Baekhyun sebenernya, jadi aku ngomong kalo aku suka banget video dia pas jaman predebut, lucu. Padahal kan niatnya mau ngata-ngatain dia, huahaha. Ya gitu deh, gak akan bisa muji-muji tanpa ada cela ngehina dikit aja πŸ˜€

Ini Tao yang paling sering aku hina. Dulu sebenernya gak begitu sih, cuma sejak ketahuan sifat aslinya ya mau gak mau Tao minta diperhatiin lebih. Terserah sih kalian mau mandangnya gimana, tapi aku sendiri nganggap Tao itu, apa ya? Bukan sesuatu yang hina sebenernya, karena emang aku sempet yang suka banget sama Tao. Ngapain aku suka sama dia kalo ternyata dia emang bener hina? Kan gak lucu.

Semua member pernah aku suka dengan sangat sih. Suho pernah suka banget pas jaman dia awal MAMA, itu ganteng banget Suho aigoo. Baekhyun jelas lah ya. D.O ya gak usah ditanya, dia pernah mau ngerebut posisi Baekhyun. Kai, gak mau tau lagi dia bener-bener bikin hidup aku jungkir balik. Sehun, apaan nih siapa sih yang gak pernah suka sama Sehun? Kris, waktu Miracles in December itu sebenernya aku pengen banget photocard dia, Lay aduh ini mah bukan pernah suka lagi, bener-bener suka ya ke Lay. Chen, yasudah sih sejak Wolf aku beneran suka dia, apalagi suaranya yang sempet gak begitu aku suka pas MAMA era, Luhan mah pas mau showcase debut juga pernah suka dia, Xiumin huahaha tanya ke temen aku, dulu kalo disuruh milih di EXO-M aku bakal milih Xiumin, dan Tao plis gak usah dibahas lagi.

Mereka tuh bukan cuma sekedar idol yang aku suka karena lagunya aja. Aku suka personality mereka (yang mereka tunjukin didepan kamera, karna kita gak ada yang tahu dibelakang kamera mereka aslinya gimana), terus kadang kata-kata mereka jadi motivasi buat diri sendiri. Kisah hidup sebelum predebut yang terus meyakinkan aku bahwa aku suatu saat bisa meraih apa yang aku mau.

Meskipun dinobatkan jadi the most hated group, tapi aku tetep sayang kalian berduabelas. Meskipun dinobatkan jadi the worst fandom, tapi aku tetep betah ada di fandom ini.

Jadi, ini mau nangis nih. Ya begitulah. Sebenernya banyak hal yang di-skip dan gak sempet diceritain semua disini saking banyaknya. Tapi intinya tetep ya, mau move-on dari 12 artefak ini begitu sulit sampe akhirnya nyerah dan milih terus-terusan terjerumus aja. Dan terakhir, adalah chant yang aku harap bukan cuma bakal diomongin aja, tapi emang kejadian. We Are One.

image

13 thoughts on “#2yearsWithEXO

  1. Pingback: #3YearsWithEXO | Born to be an Imaginer

  2. Selang 5 bulan gugatannya Kris, ada berita yang gak kalah heboh. Saat itu aku lagi di kantor, pas jam istirahat buka hp ada notif dari twitter soal Luhan yang ngegugat SM juga. Kaget? Banget. Aku pikir setelah masalah Kris dulu, udah gak akan ada gini ginian lagi. Aku yakin mereka yang sisa 11 ini bakal lebih solid karna udah kehilangan 1 member. Nyatanya mereka harus jalan 10 member sekarang dan jangan berkurang lagi ya, amin.

    Entah kenapa rasanya beda antara kasus Kris dan Luhan. Dulu terpukul banget waktu kasus Kris, kalo Luhan ini kerasanya agak ringan. Mungkin karna udah ada tanda tanda sebelumnya dari Luhan dan member lain juga. Sehun yang tiba tiba unfoll semua member di instagram dan ngubah bio nya jadi “L”, saat itu dia bilangnya sih L itu EXO-L, tapi mungkin itu Luhan. Kemudian Kris yang secara tiba tiba mention Luhan di weibo, gak bilang apa apa, cuma mention doang. Lalu dihapus. Udah waswas sebenernya, cuma positive thinking aja. Eh taunya kejadian beneran kaya gini lagi. Waktu TLP Beijing juga, sikap Luhan dan semua member beda, kaya emang perpisahan. Jadi kemungkinan besar Luhan udah ngomongin ini ke semua member, jadi dia gak tiba tiba pergi. Dan alasannya juga karna Luhan sakit. Cepet sembuh gege :’)

    Tinggal 10 member, harapan yang gak akan pernah berhenti diucapin, semoga akan tetap 10 kedepannya. Amin.
    Kris dan Luhan juga semoga lebih sukses dengan jalan yang udah dipilih. Kris sukses ya karir di Cina nya, sukses buat film dan lagunya. Luhan juga sukses ya buat film nya. Aku pasti nonton film kalian berdua πŸ™‚

    • ini sedih bannget.. aah maaf aku nongol disetiap artikel yang kamu bikin πŸ˜₯
      huuh T.T entah kenapa walaupn skg LuHan out dr EXO aku tetep cinta meraka,, berapapun jumlahnya bukannya mereka ttp12,, itu yang selalu aku tau dr EXO-L dimana-mana..

      hiks untuk LuHan gimana caranya aku bisa move on dr bias aku yang hengkang dr group.. >.<

      • Gapapa sayang, aku seneng kok kita jadi bisa curhat curhat bareng πŸ˜€

        Tentu, mereka kan awalnya berduabelas dan akan tetep berduabelas. 10 dimata tapi 12 dihati huhu
        Kadang masih suka nangis kalo inget ternyata mereka sekarang udah gak kaya dulu lagi, jumlah membernya. Dan selalu berharap sisa 10 ini bakal bertahan, semoga SM juga memperlakukan mereka lebih baik, amin.

        Btw bias kamu kris kah? Aku sampe nangis beberapa hari karna kebawa suasana terus tiap buka twitter waktu kasus kris itu. Tapi liat dia sekarang main film, nyanyi solo, rasanya lega. Setidaknya dia senang πŸ™‚ meski ya, masalah sama SM belom selesai huhu doain juga semoga cepet beres semuanya :’)

        • bias aku LuHan hiks.. kris sempet jadi bias aku diawal ahah tapi pas ngeliat luhan hmmm gimana yah kecantikannya luhan itulooh menghipnotis ahaha *oke ralat ketampanan yang menjurus cantik hahahah πŸ˜€

          iya ngeliat kris sekarang yang main film dan nyanyi solo itu sedikit membuat lega soalnya banyak issue gk baik soal dia,, kasihan kriss 😦

          iyaa masalah dengan SM itu kayaknya bakalan makan waktu yang amat dan sangat oanjang.. (bercermin dr JYJ siih sebenernya ).. 😦

          semoga hasilnya menjadi yang terbaik untuk kris dan luhan dan mungkin untuk sisa member yang lainnya..:)

          • Iya luhan emang cantik, cantik dalam level cowok xD
            Dan keren juga sih luhan di film nya gak nampak cantiknya, ya mungkin karna dia juga kan (katanya) manly jadi okedeh nurut aja sama luhan wkwk

            Ya semoga aja masalahnya bisa happy ending, gak berlarut larut, biar mereka juga bisa cepet bebas :’)

  3. Baru ya baca tulisan ini lagi dan sangat nyesek di bagian terakhir. Iya, ini lagi musimnya kasus Kris ngegugat SM.
    Mau curhat aja disini, gak mau bikin postingan baru.

    Ah gimana ya? Kemaren tanggal 15 mei, pagi pagi jam 9an kayanya ada berita dari Sina katanya Kris ngegugat SM, dan saat itu confirmed fake. Udah nangis sih awalnya, tapi pas tau fake, kembali seneng dan ngetawain.

    Tapi kemudian si pengadilan di Korea bikin pernyataan kalo dia udah nerima surat gugatannya Kris. Dan pengacaranya juga pake ngomong. Plis gak tau lagi udah berapa kali nangis karena itu. Apalagi pas member-member nge-unfollow instagram-nya Kris, nyesek banget sampe ngomong yang enggak-enggak ke mereka. Maaf banget buat yang ini, aku tetep sayang kalian. Dan respek banget sama Baekhyun ngerti gak sih, ini bukan karena dia bias. Oke, diluar yang katanya ini staf SM ya.

    Dan soal banyaknya rumor, ini yang aku percayai sampe sekarang, Kris emang ngegugat buat dapet hak-nya di SM, bukan buat ninggalin SM. Jadi, dia bakal stay di SM kok apapun yang terjadi. Tapi gak bohong juga, baca-baca berita di twitter bikin nangis dan nangis lagi, meskipun mungkin itu bohong doang.

    Sampe tadi pagi, baru bangun dan ngiranya kemaren itu beneran mimpi, untuk memotivasi diri sendiri aja. Tapi mau gimana lagi? Itu emang beneran kejadian bahkan sampe hari ini.

    Tetep kuat ya buat kalian, kita sebagai fans disini emang sedih, tapi aku yakin kalian lebih sedih. Kalian yang tahu gimana cerita sebenernya, dan kalian yang emang harus nyelesein masalah ini. Kita disini hadir cuma buat nge-support kalian dan mastiin bahwa kalian baik-baik aja. Semoga masalah ini cepet beres dan semua kembali lagi ke semula. #WeBelieveInYouKris #StayStrongEXO

  4. Bener banget!
    Berapa banyak pun orang yang bilang NEGATIF sama EXO, aku gak bisa nyembunyiin rasa sayang aku sama mereka. Terlalu sayang. Sampe ada beberapa BB baru yang lebih keren, ganteng, dsb. Aku terlalu nyaman sama Fandom ini.
    Orang2nya pada asyik. Jujur, ya. Semenjak aku ninggalin fandomku yang dulu karena gak nyaman dan malah ngebias sama EXO, semuanya berubah drastis! Dari soal kebiasaan, berteman di dunia maya. Semuanya beda. Lebih berwarna dan asik. Aku lebih suka aku yang kayak gini. Dan #2YearsWithEXO beneran gak nyangka semenjak Maret 2013. Btw, thanks udah ngepost kayak beginian. Dan sorry kalo aku terlalu panjang komennya. πŸ™‚

    • Gapapa dear, aku seneng baca komentar kamu πŸ˜‰
      Dan kenapa harus berterimakasih? Aku cuma cerita aja kok πŸ˜‰

      Gimana ya, mereka kayanya punya pelet kuat banget biar orang-orang *seperti kita* susah banget mau ninggalinnya πŸ˜€
      Jadi gimanapun orang-orang ngejelekin mereka, ya bukannya benci tapi malah makin sayang, iya gak sih? πŸ˜€

      • iyalahhh… mereka tuh Enchanted haha, πŸ˜€
        udah 2 tahun itu gak kerasa, rasanya baru kemarin aja kenal mereka.
        semoga mereka tetp sukses lah.. ditunggu comebacknya…
        soal yang berterimakasih itu. aku cuma seneng aja yang berpikiran sama kayak aku, hehe πŸ˜‰

        • Karna seneng, jadi dinikmati setiap waktunya, gak kerasa deh udah sejauh ini hihi
          Jadi aku yang pengen berterimakasih ke kamu karna udah doain exo yang baik baik, aduh kenapa aku terharu :’)

          • karna mereka idola aku. wajar kalo aku bilang yang baik-baik..
            soal terimakasih jangan ke aku doang. selain aku banyak pastinya yang bilang baik-baik ke EXO.

Leave a Reply

