BICARA SOAL HATERS


Awalnya kemaren sih, lagi iseng-iseng cari tentang iluminati di MV EXO yang Wolf, penasaran doang. Taunya dari hasil pencarian, tertarik buat buka salah satu website yang emang khusus update berita-berita soal KPOP. Ceritanya website itu ngeposting berita MV Wolf yang baru aja keluar. Biasa aja sih artikelnya, tapi yang bikin heboh itu waktu baca komentar-komentarnya.

Ada yang bilang EXO cuma ngandelin tampang tanpa bakat. Ada yang bilang mereka cuma pemuja setan. Ada yang bilang mereka plagiat boygroup sebelah. Ada juga yang emang nge-bash tanpa alasan entah kenapa. Dan tentu aja komentar dia ngundang caci maki dari EXO fans. Ya jelas, ngapain juga mereka nimbrung di artikel yang udah jelas emang lagi ngomongin EXO? Gak suka kok malah dibaca, sempet komentar pula.

Jadi inget dulu pernah ada yang ngata-ngatain EXO gak ada bagusnya sama sekali, katanya sih SM pure milih mereka karena tampang. Ya paling ada beberapa orang aja yang katanya punya bakat ‘lumayan’. Terus mereka juga dibilang cuma dapet kepopuleran yang instant karena sunbaenim-sunbaenim nya yang emang udah punya nama gede, contoh TVQX, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), dll. Gak salah mereka juga sih ya, soalnya kan mereka emang cuma liat EXO dari luar doang, gak tahu seperti apa mereka aslinya.

Sejenis kalo aku bikin tulisan yang ngebahas profil grup sama predebut-predebutnya gitu, aku kan suka mikir, pertama liat orang ini kayanya blablablabla, eh taunya malah sebaliknya. Contoh terbaik itu Tao deh. Pertama liat dia bawaannya serem, tegas, dan otoriter banget, dan sempet ngira dia paling tua di grup. Eh pas tau, dia ternyata cengeng, melankolis, dan sebagainya. Dan juga dia maknae, member paling muda. Kan kenyataan beda jauh sama yang diliat secara kasat mata.

Nyambung ke member EXO yang gak punya bakat lagi. Mereka bisa jadi trainee di SM gak gampang loh. Dari beberapa artikel yang aku baca, entah itu bener atau enggak, tapi aku percaya kalo masuk kesana itu tiap mereka buka audisi pasti penilaiannya ketat banget. Liat aja di youtube yang ikut SM Global Audition, ada beribu-ribu video yang masuk ke SM dengan bakat mereka yang beda-beda dan pastinya gak main-main, tapi yang dipilih cuma beberapa. Belum lagi selama trainingΒ itu mereka pasti ngedapetin bekal lagi dari SM, bakat mereka lebih terasah dan tentunya kualitas mereka juga bakal lebih bagus.

Selain di masa trainee itu, pernah denger soal Han Kyuwan? Calon member EXO yang nyatanya gak jadi debut dan memutuskan untuk tiba-tiba wamil? Aku sempet nyari profil dia, beberapa foto, dan ada video juga. Di profilnya, katanya dia sempet mau masuk SS501 tapi gagal di penyaringan akhir. Terus diliat dari foto, ganteng kok orangnya, aku suka. Dan waktu aku cari video dia di youtube, suaranya keren. Jadi, kenapa dia gagal debut di EXO? Pastilah SM punya alasan tersendiri.

Han Kyu Wan

Belum lagi Kim Moonkyu, dia juga gagal debut di EXO. Aku kurang nyari tau sih soal dia, tapi dia nih temennya Jongin, satu sekolah dan waktu graduation juga banyak mereka foto foto bareng, ada Sehun juga. Sedih gak sih disaat liat temen sendiri udah ada diatas panggung, sedangkan kita yang awalnya udah bahagia karena mau sepanggung sama dia tiba-tiba dikabarin gagal? Hal yang dirasain Moonkyu ini mungkin kerasa juga sama Jongin beberapa tahun yang lalu waktu SHINee debut. Secara, dia kan sobat banget sama Taemin. Dan ternyata, Taemin lebih dulu debut dibanding dia.

kim moon kyu (trainee SM)

Tapi tentu aja di setiap persaingan pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Kalah disini, mungkin belum waktunya aja buat yang gagal sekarang. Buat Kyuwan, sebenernya dia bisa aja masuk EXO, dengan mengeluarkan satu member yang ada sekarang. Aku pilih Luhan buat keluar dari EXO. Kenapa? Soalnya Luhan nyanyi bisa, dance jago, visual oke, ya debut solo juga bisa, jadi gak khawatir gitu buat ngelepas dia berkarir sendiri. Tapi ya sekarang, kalo gak ada Luhan, bukan EXO namanya. Bukan maksud pengen Luhan keluar dari EXO ya ini, kan KALO HARUS PILIH SATU. Lagian alasannya juga karena dia emang berbakat, dan bisa dibilang nyerempet-nyerempet ke sempurna:)

Oke, kebukti setelah jadi trainee di SM pun gak ngejamin kalo kita bakal sukses. Masih ada kemungkinan gagal debut. Inget Suho training berapa lama? 7 tahun. Dia juga ngaku kalo dia malah liat waktu Super Junior debut. Pasti ada dong keinginan dia buat debut secepatnya karena iri sama sunbaenimnya itu? Makanya dia latihan terus. Nah sekitar tiga tahun kemudian, SM bikin boygroup baru nih SHINee. Eh, taunya dia gak masuk. Dia menyaksikan lagi dong satu grup debut didepan mata dia? Dan dia gak diajakin lagi. Oke, cukup tuh tiga tahun nunggu sambil terus latihan. Sampe akhirnya tahun kemaren dia berhasil debut di EXO setelah 7 tahun masa training yang dia sempet cedera juga. Apa salah kalo dia nikmatin hasilnya sekarang? Kenapa orang-orang malah gak suka? Liat waktu EXO menang pertama kali di Music Bank kemarin, Suho kan nangis parah. Itu tuh tangis kebahagiaan selama 7 tahun. Hasil latihan dia, hasil keringet dia, pengorbanan segala macem, dan tentunya dia sering banget makan hati. Tapi dia gak nyerah tuh.

Kalo masalah Suho masih bisa dimaklumi, gimana dengan Baekhyun? Dia kan training kurang dari setahun, rasanya gak adil buat Suho. Hey, liat sebelom dia gabung di SM. Dia banyak ikut audisi-audisi gitu dan sering ditolak. Hidup dia sebelum bisa masuk SM tuh penuh perjuangan banget, makanya gak salah kan sekarang kalo dia metik hasil yang memuaskan?

Selaluuuuuu aja di bash dengan kata-kata yang gak penting, gak bermutu, dan gak bermoral. Dari sebelom debut tuh udah kaya gitu. Malah dari situ jadi banyak fanwar. Yang paling anget barusan. Jadi ceritanya gini:

BN2tRpLCQAEKfwK.jpg

Berita diatas tuh yang nyebar jadi malah katanya EXOstan pada mencegah ELF buat masuk ke studio Music Bank, yang mengakibatkan waktu Henry perform katanya gak ada yang angkat banner, fanchant, dan sebagainya. Aku gak nyalahin fandom manapun disini. Cuma, dibalik kesalahpahaman itu pasti ada provokatornya. Dan provokator inilah yang harus dibasmi. Dia pasti jadi ‘pemanas’ buat situasi yang emang lagi gak enak.

Contoh lain, masih anget juga. Soal Sunggyu. Dia dikritik karena ngomong hal yang dianggap terlalu kasar soal wanita berumur 30 tahun. Ya, Sunggyu emang ngaku kalo itu kesalahannya, dan dia udah minta maaf. Tapi kenapa malah banyak yang nge-bash dan yang paling disesali itu ada yang gak tahu apa-apa, eh taunya main ngomong yang jelek-jelek soal Sunggyu. Dia dimusuhin sekarang. Dan pastinya ada juga provokator dibalik semuanya. Lagian setelah itu dia langsung minta maaf kan? Dia gak nunjukin hal yang negatif lagi, dia minta maaf dengan tulus.

Aduh sedih deh.

Inget lagi waktu ada orang bilang INFINITE itu grup yang gak berkualitas. Hey, hidup di belahan dunia mana lo?Β Meski aku baru suka dan baru ngikutin INFINITE semenjak mereka comeback Man In Love, tapi aku tau lah gimana kualitas mereka. Apalagi Hoya, waaaaaaw udah nyanyi bagus, ngerap oke, dance nya gak usah ditanya, akting nya cetar pula *bukan bias loh ini*, ya mikir dua kali deh orang yang ngomong gitu. Mau coba les biar tahu banyak tentang INFINITE? Coba aja deh biar gak asal ngomong.

Meski awalnya males ngomentarin orang yang gitu-gitu, tapi akhirnya kepancing juga kan. Gak afdol aja kalo gak jadi nulis. Masalah haters ini emang udah gak bisa dihapus lah ya. Semacam, kalo ada fans pasti ada hatersnya. Jangan mau punya fans kalo emang gak mau punya haters. Gimana cara kita menanggapinya aja. Juga, buat fans yang ngerasa ke-bash atau idolanya yang di-bashΒ syukuri aja karena itu berarti kita punya idola yang dipeduliin sama banyak orang. Walaupun cara peduli mereka yang emang agak menyimpang.

Ngeposting ini emang lagi dengan emosi yang gak stabil sih, jadi maaf aja kalo ada yang baca terus tersinggung. Maklum, lagi labil. Terus buat yang suka ngomong seenaknya tanpa mikir, inget dosa. Dan lebih dosa lagi kalo kalian berhasil memprovokatori yang lain buat ada di jalan yang sama sesatnya kaya kalian. Itulah alasan kenapa tiap ada fanwar aku cuma geleng-geleng kepala dan ngakak aja. Alasannya gak pernah ada yang bermutu soalnya.

“Makin banyak haters, makin ngebuktiin seberapa besar kesuksesan lo.”

-The Upstairs-

Advertisements

36 thoughts on “BICARA SOAL HATERS

  1. “Bener banget tuh yaaa” peribahasa x . Jujur deh bagus banget tentang hal2 yg diungkapin tadi .

  2. sumpah aku nangis, pas baca tentang Suho, secara dia bias aku. Tau perjuangan dia segitu kerasnya bikin aku gak nyesel jadi fans dia, buat Baekhyun jga, masa iya sih dia sering di tolak, apa agensi yg nolak itu gak tau suara Baek gimana?
    Oh iya, jujur baru tau lho kalo Suho perjuangannya segitu bgt, pdhal udah 1thn aku jdi exo-l *parah* hahaha~
    Emm~ kalo ngomongin artis lain yg gagal jdi member exo, itu aku oke oke aja, soalnya muka mereka gak cocok buat jdi member exo *apadah?* ngertikan maksud aku?

    • dulu aku yakin baekhyun gak sebagus sekarang, jadi mungkin dia emang dulu belum cocok jadi trainee, tapi rezeki sih gak akan kemana ya buktinya dia bisa masuk SM πŸ˜€
      Ya secara suho training 7 tahun gitu, pasti udah banyak banget pengorbanannya. Dan sekali lagi rezeki gak akan kemana, akhirnya setelah perjuangan panjang dia debut juga πŸ™‚
      Mungkin yang gak masuk udah ada takdirnya masing masing, dan sekarang moonkyu debut di hotshot! Yay! Meski bukan debut di agensi yang gede kaya SM, setidaknya semoga dia aman dan nyaman disana :’)

      • Aku belum pernah baca cerita tentang training life nya Chan sih, tapi percayalah dek semua trainee yang lagi mencoba untuk debut di agensi mana pun pasti bakal ngerasain gimana harus berkorban. Banyak contoh idol yang sekarang udah debut dulunya rela keluar sekolah demi bisa latihan buat debut semaksimal mungkin, ada yang dilarang sama ortu tapi tetep nekat, ada yang rela tinggal sendiri di Seoul demi ngeraih cita cita. Banyaaaaak sekali. Chan aja pernah bilang seringkali dia nangis sendiri didalem mobil, dia juga manusia yang punya beban :’)

        Gimana perjuangan dia mungkin kita ga tau secara detail, tapi buat sampe di titik sekarang itu pasti banyak yg udah dia lalui πŸ™‚

        Btw thanks ya udah sempetin baca dan komen πŸ˜‰

  3. Iya jaman MAMA itu loh, yg sj gk mnang, sbenarnya aku juga kaget sih mereka gk menang, aku juga suka sj.
    Udah dari dulu kan ya, beberapa yang pure dari mereka gk suka sama exo, ya udah deh, itu pas MAMA gila aja yang ngebash.. Kalo aku suka liat sendiri fanwar2 begitu, saling menjelekkan, tapi kgak pernah ikut2n.. Buat apa coba, bikin nama fandom jdi jelek..
    Y semoga esok gk ada lagi fanwar2 begituan, fanwar enaknya apa sih, bahagia gitu habis fanwar? Ya ampun heran aku.. Kalo gk suka ya simpen hari aja lah, kalo mau diomongin pake bahasa yang sopan lah.. Maaf ini curhatan fans yg lelah idolanya dibash mulu tanpa aalasan yg jelas..

    • Ya kalo mereka udah gak suka, mau idol itu salah atau bener juga tetep aja di bash. Jadi emang udah gak bisa ngelak lagi setiap ada apa apa pasti di bash.
      EXO lipsync di bash, nyanyi live di bash juga.
      EXO menang di bash, gak menang dikatain.
      Ya kita bawa lucu aja, lagian suka heran mereka apa gak bosen dari dulu ngatain orang terus? Ntar juga sadar sendiri kalo udah capek πŸ˜€

  4. Suka banget postingan ini, jadi fans exo susah banget, banyak cobaannya.. Hiks
    Yg suka ngajak fanwar dimana2, yg ngejelekin di mana, apa lagi tuh pas MAMA 2014 gonjang ganjing tuh TL pecah perang dimana2.. Satu keluarga gitu amat, gk bisa akur. Miris gk sih.. Padahal menurut aki pantes kok, mereka dapet, tapi y emang ada rada permainan sih kayanya.. Tapi y gk usah ngebash abis exonya..

    Banyak yg bilang mereka gk ada bakat, yakin? Itu trinee ratusan lho, ke dua belas itu pasti emang yg terbaik buat jadi grup(belum move on, hiks)..
    Mungkin mereka gk nunjukin kemampuannya yg sesungguhnya itu gkboleh kali sama sm, tau ndiri di sana gk bebas..
    Miris liat orang yg sering ngatain artis, kaya hidupnya penuh kebencian..

    Maaf min kalo ini kepanjangan.. Gatel sih nih tangan.. πŸ˜€

    • MAMA fanwar dimana sih? Asli deh ya kalo ada fanwar TL aku adem ayem aja gak ada apa apa. Paling ada yg bilang “si ini fanwar sama si ini” tapi gak pernah nemu langsung :-/
      Atau kalo ini maksud yg EXO menang sedangkan di voting kalah? Gara gara itu bukan? Kalo iya, wahai kalian semua yang masih menganggap hasil voting di MAMA itu segalanya, sesungguhnya kalian voting siang malam dengan berjuta akun itu hitungannya kalo gak salah cuma 20% aja. Sisanya dari juri dan penilaian lain yang entah apa aja.

      Meski aku kaget sih, setelah apa yang udah terjadi pada EXO selama tahun ini, mereka masih dipercaya buat menang :’)
      Saking gak yakinnya aku sampe nazar bakal makan 1 richeesse tiap EXO dapet 1 awards. Dan akhirnya aku harus makan 4 richeese :’)
      (Oke aku gak suka banget sama richeesse maaf curhat wkwk)

      Semangat ya! Kita urusin apa yang kita suka aja, selera orang kan beda beda. Mau suka mau engga, gak bisa dipaksa πŸ˜‰

  5. haakk entah kenapa haters ini mengganggu eeeh tapi kadang sebaliknya looh haters ini ngebantu informasi yang justru fans kadang belum tau hahaha.. haters itu sebenernya cinta banget aja sama artis2nya cuman dia gengsi aja untuk nunjukin akakak πŸ˜€

    lagian haduuh haters sedih amat hidupnya yah ngebash orang sudel-udelnya gitu ahaha..

    aaahh tolong kalaupun untuk milih personil yang lebih baik untuk g gabung jangan pilih luhaaaaan πŸ˜₯ udh gagal moveon karna bias aku cabut dr exo..
    dan ini pertama kalinya ngerasain gimana rasanya ditinggalin bias hahaha πŸ˜₯
    kayaknya ditinggalin pacar aja gk segini sedihnya ^^ deeh

    okebaiklah aku jd curhat disini hhaah maaf yah hahaha dan makasih sekali lagi untuk tulisannya ❀

    • Kasian juga sebenernya karna mereka buang buang waktu untuk hal yang ‘katanya’ mereka benci. Ya, logikanya kan kalo gak suka ya tinggalin, eh ini malah dideketin.
      Iya tuh bener, gengsi doang buat ngaku suka kayanya xD

      Aku abis baca ulang tulisan aku ini dan ya.. exo bukanlah exo tanpa luhan, tapi ternyata sekarang exo harus jadi exo tanpa luhan. Sedih.. gak tau lagi mesti bilang apa yang pasti pengen luhan sukses sama pilihannya sekarang. Amin amin amin. Kris juga huhu

      Kita sama sama curhat aja dan please gak usah bilang makasih πŸ™‚

      • iya bener.. exo bukan exo tanpa luhan dan kris,, tapi sekarang exo tetep exo walaupun tanpa luhan dan kris *nangis bacanya* dan yang pastii aku cinta merekaaaaa hahahah “sorak sorak bergembira” ahah *apasihinigaje ahhah

        entah bicara exo mau kayak apapun g akan ada habisnya hahaha
        pertamakali sukan Boyband siih suju cuman sampe sekarang g bs hafal nama membernya karna banyak…

        eeeeeh tapi kok pas EXO ada 12member yang beda cuman 1member yah kalo g salah sama suju dan aku langsuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuung hafal DAHSYAT kan yah hahaha
        boom effect banget niih hahah πŸ˜€

        *curhatlagi kekekekekkk

        • Kita sayang mereka semuaaaaaaa, mau bersepuluh, sebelas, duabelas, mereka ya tetep mereka gak akan ada yang berubah amin amin

          Mungkin karna hati kamu ke exo emang harusnya dari awal *ciyeee*
          Emang sih mereka punya pelet yang beda, bikin pengen nempel terus gak mau lepas wkwkwk

          • iyaa hati aku udh dogondol sama mereka (apaapula bahasa digondol) ahahhaha..
            nungguin mereka comeback yang katanya di januari ini aku udh g sabar,, hahahaa
            ahahhahah pelet-nya ituloh gk nahan ahahah

            tapi aku sempet baca beberapa artikel yang bilang kalo mereka a.k.a SMent mau debutin pengganti Luhan dan Kris.. hmmm 😦
            langsung patah hati gitu aku hahaha πŸ˜₯

  6. Setuju dengan postingan ini! True! Aku suka tanggapan Sehun tentang haters

    “Kenali kami lebih dalam maka
    kalian akan mengerti”- Sehun ❀

    No comment lah buat haters πŸ˜‰

  7. Iyh setuju nih sma postingannya chingu! yh itu benar semua orang pasti punya privasi termasuk kta sendiri,artis juga gtu gk semua hal bsa di publikasi benar kn??? Yg pasti klw ada fans y pasti ada anti fans benar kn???

    • Iyaaaaa! Mereka jadi idol dengan menjual bakat mereka, bukan menjual kehidupan pribadi mereka! Karna kalo kita kenal mereka secara personal, nantinya kita malah bakal mengenal mereka cuma sebagai orang biasa aja, karna idol itu bersinar saat mereka didepan kamera dan diatas panggung >.<
      Huhuuuu meskipun mau gak mau sih pasti dikorek juga kehidupannya.
      Pasti! Apalagi makin terkenal pasti makin banyak fans dan banyak antifans juga, ya diambil positifnya aja, setidaknya idol itu udah kerja keras bisa ada di posisi tinggi karna banyak pro kontra itu^^

    • Waw kaya baca introducing peran di ff gitu πŸ˜€
      Sebenernya dari hati yg paling dalam sih aku gak percaya sama kebanyakan hal yang ditulis disitu.
      Tapi di sebuah sumber yg pernah aku baca katanya chanyeol bilang ke fans, intinya “kalian bilang sayang sama aku, kalian bilang cinta sama aku, tapi maaf kalo aku mengecewakan kalian. Maaf kalo ternyata aku yg didepan kamera beda sama aku dibelakang kamera. Tapi intinya aku juga mencintai kalian..” gitu pokonya. Dan itu pasti lah ya, semua artis juga pasti punya sesuatu yang gak bisa dia publish didepan kamera. Bukan ke bermuka dua sih, lebih ke menjaga privasi dan juga tuntutan image dari agensi ya.
      Karna kita liat juga contoh kai di panggung sama jongin di showtime itu mengenaskan sekali perbedaannya xD
      Gatel pengen komentarin baekhyun sebenernya, dibilang dia kaya gitu ya kasih aja bukti predebut dia waktu light switch dance bareng temen temennya, dan gimana cerita dia tentang sayang banget sama hewan terutama anjing. Ya logikanya, ke hewan yg dia temuin di jalan aja dia respect gimana ke manusia lagi.
      Bakal banyak omong nih kayanya.
      Suho, ya diluar entah member lain respect sama dia atau engga, menurut aku dia angel banget, hahaha terbukti pas kris agak sedih itu waktu gak dapet award di EMA, suho yg cheer up dia, ngajak ketawa ketawa. Dan kalo dia trainee gagal, ngapain SM debutin? Emang SM agensi yg asal pilih? Itu juga berlaku sama Kris ya. Seperti yg udah aku sebut di postingan diatas, SM gak mungkin debutin trainee nya yg gak bisa apa apa. So, aku percaya aja sih sama mereka. Dan kita kan disini sebagai fans yg emang disuguhi pebampilan mereka didepan kamera. Urusan gimana kehidupan asli mereka siapa yang tau ya, diluar hak fans juga.
      Cuma sayangnya kenapa ada fanbase yg re-post tulisan itu? Padahal kan itu rumor hoax banget seharusnya jangan disebarin lah ya. Kalo gak bener kan merusak nama baik orang lain.

      Last, makasih udah bagi bagi info. Maaf kalo ada salah kata juga πŸ˜‰

  8. postingannya bagus chingu:) aku seneng ada yang ngebelain EXO πŸ™‚
    soalnya aku tanya ke chinguku katanya EXO itu banyak hatersnya, karena ada byk fandom yang pindah jadi EXOtic…
    aku cuma gak suka sama haters yang suka jelek*in EXO di medsos 😦

    • Itu cuma immature fans aja, gak udah diladenin. Lagian kan emang salah kalo orang mau pindah fandom? Dan kenapa malah jadi exo yang di bash dan segala macem? Emang mereka maksa orang buat suka sama mereka? Kan enggak :’)
      EXO banyak haters nya karna banyak yang sayang juga sama mereka chingu. Tapi buat yg emang beneran sayang sama EXO, belain sih boleh tapi jangan sampe berlebihan dan jatohnya malah ngejelek jelekin fandom lain. Yang aku denger sih ada beberapa fans yg kaya gitu makanya sampe banyak fanwar.
      Kurang kurangin lah. Fans yg baik itu mestinya jaga juga nama baik fandom dan idolnya. Betul gak? πŸ˜€

      Btw, thanks ya udah baca dan sempetin komen πŸ˜‰

  9. i agree .uwaaa T-T Terharu akhirnya ada yang belain exo. ne chingu .jadi EXOTIC itu susah .belum belum kena bash. mereka melihat EXO Dari sampulnya doang! padahal bakat EXO keren T-T Dari akting, dance ,model

    emang sih chen + baek trinee kurang dari setahun but why? mereka punya bakat apalagi chen yang bisa segalanya.

    mereka gak tau sekejam apa SM Entertaim .makanya langsung ngebash ^^

    • Kesannya dikit banget yang belain EXO, banyak kok chingu wkwk
      Iya bener, pelajaran aja buat orang lain kalo gatau apa apa mending diem aja daripada ngomong seenaknya. Mungkin mereka sirik kali ya pengen juga bisa masuk SM cuma gak bisa, makanya gitu, pelampiasannya dengan ngebash artisnya
      Lagian EXO juga kan ga akan debut kalo ga bisa apa apa ya;)

  10. setuju banget πŸ™‚ tapi mungkin bukan buat anti fans exo aja, tapi anti fans yg lainnya.anti fans pada ga tau seberapa berat perjuangan artis2 kpop utk jadi idola… dan mereka dgn enaknya menjelek2kan. padahal mereka tdk tau yg sebenarnya,thx udah nulis artikel ini^^

    • Nah itu, aku taunya cerita tentang EXO aja chingu, makanya aku fokus cerita di EXO, hehe tapi artikel ini emang buat semua haters kok;)
      Makasih juga udah baca dan nyempetin komentar, semoga dengan artikel artikel gini bisa menyadarkan para haters dari pikiran negatif mereka *sobs*

  11. Ya ampunn, gw terharu(?) banget deh baca’y. Gw sedih banget banyak yg ngebash exo, malah katanya para ELF ngerencanain buat bikin BLACK OCEAN di konser suju pas exo tampil.
    Miris banget gw liatnya, padahal kan mereka satu manajemen, satu keluarga, kenapa harus saling ngebash sih ? Aduuhh gw gak habis pikir ._.
    Gw suka exo(walaupun gw bukan exotic) gw suka lagu2nya mereka, apalagi yang wolf, sumpah keren banget.

    • Ya itu dia, idolnya juga kan akur akur aja, malah akur banget. Entah kenapa sih masih ada fans yang memprovokasi biar ada fanwar, gak ngerti juga.
      Sedih aja sih kalo jadi mereka, liat fansnya malah ngeributin hal yang gak penting, apalagi karena masalah gak jelas yang gak tau juga siapa yang mulai
      Makasih loh, bagai support buat EXO, terharu juga bacanya :’)

    • Aku juga awalnya takut dikeroyok juga, apalagi kalo ngomong di twitter wkwk
      Daripada uneg uneg gak kesampean ya mending diomongin aja, udah terlanjur kesel sih hihi E:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s