Dari Mata RIRINOVI (edisi EXO)


Waaaah tadinya mau bikin bahasan tentang INFINITE dulu, tapi berhubung mood nya lagi ke EXO ya jadi EXO dulu aja ya, hehe. Sebenernya alasan kuat aku membuat ini adalah mau share gimana pandangan pertama aku ngeliat member-member grup dari foto pertama mereka yang aku liat. Misalnya nih, aku pertama liat T.O.P kok kesannya serem, kasar, dan sebagainya tapi ternyata berbanding terbalik setelah aku tahu sifat aslinya. Di postingan yang BtoB kemaren aku cuma bahas profilnya aja. Jadi mungkin bisa dibilang postingan itu kurang berhasil. Tapi sekarang aku mau coba yang EXO ini. Don’t bash ya, karena kayanya bakal banyak pernyataan yang bikin nyesek penggemarnya, hihi.

Okai, dimulai dari tahun 2011 sekitar bulan September apa Oktober gitu. Waktu itu belom suka sama KPOP-KPOP-an. Cuma sering denger dan tahu beberapa nama grup aja karena temen-temen aku banyak yang KPOPers. Pas lagi ngumpul sama temen SMP, kita nonton Music Bank yang waktu itu sempet ditayangin di Indosiar. Dibahaslah beberapa grup. Aku cuma iya-iya aja karena emang sama sekali gak Β tahu. Paling tahu nama grup Super Junior, itu pun gak tahu kalo jumlah membernya sampe 13 orang (sebelom Hangeng keluar). Terus tahu SNSD, tapi gak tahu itu grup macam apa. Tahu f(x) juga dan sempet ngiranya itu adalah nama boyband, wkwk. Tahu DBSK, dan sempet hapal wajahnya Changmin juga πŸ˜€ Lagi asik-asik nonton tuh, tiba-tiba ada salah satu temen aku yang nyeletuk, “Bakal ada boyband baru, katanya mereka pake uang honornya Suju buat operasi plastik.”

Wah langsung didebatin kan itu. Aku sih lebih ke debat soal pake uang orang buat diri sendiri. Gak masalahin apakah dia Super Junior atau siapapun boyband baru itu. Dan dia nyebut nama EXO. Saat itu, aku ada di pihak Super Junior, dan temen-temen aku juga sama. Iya lah, masa aja gitu kita udah kerja susah payah banting tulang tahunya uang kita dipake buat urusan orang lain. Dan operasi plastik itu bukan kebutuhan primer lah ya. Mending kalo kita kasih buat sumbangan yatim piatu atau yang membutuhkan. Tapi yasudahlah, perdebatan berakhir dengan biasa aja karena kabar itu juga masih katanya.

Mulai Bulan Desember, aku udah terjerumus KPOP kan gara-gara Minwoo BoyFriend. Nah, di awal 2012 ada majalah yang muat artikel tentang EXO. Di otak aku EXO tuh udah jahat aja, tapi malah jadi penasaran dan pengen tahu. Berbekal artikel pendek itu, aku mulai searching foto EXO. Dan foto pertama yang aku temukan adalah foto teaser ini :

EXO

Masih asing banget sama wajah-wajahnya. Dan berhubung di artikel itu ada nama-nama membernya, mulailah aku mencari foto-foto member. Saat itu udah tahu Kai sih, entah darimana awalnya aku lupa tapi member yang paling pertama aku kenali itu adalah Kai. Dia beberapa kali muncul jadi poster atau halaman belakang salah satu majalah yang tergolong gaul –> menjurus ke promosi.

Foto pertama Kai yang dijadiin poster sama majalah itu adalah yang ini :

20111222_exo_kai_1

Yang tergambar di foto itu adalah, dia keren banget, cool, tapi aku gak sampe suka sama dia. Karena kalo diliat-liat sih biasa aja, gak ada yang spesial. Mulailah cari info. Beberapa kali aku liat foto dia, dan wajahnya sama, jadi gampang dikenali.

Terus aku suka sama nama Luhan. Baru denger gitu ada orang namanya Luhan. Dicari deh fotonya, dan yang ditemukan adalah foto ini :

a10d35bd3697fcad8aa2374e49d8eluhan

Cantik. Luhan cantik banget. Kayanya lebih cocok masuk girlband aja deh daripada masuk boyband. Dan beberapa foto lain yang aku temuin juga sama, foto teaser juga dan dia disitu cantik semua wajahnya. Mulai deh tuh, ketanam image cantik di Luhan ini. Jadi aja gak tertarik.

Aku gak nyari semua foto membernya, karena 12 orang itu terlalu banyak. Susah ngehapalinnya. Jadi, aku searching nama member yang menarik aja. Salah satunya Tao, namanya unik banget. Dan ketemulah foto ini :

9d8bced07d469288fbd02e07b4f2ce51tao

Serem mukanya. Itu komen pertama. Aku kira dia itu member paling tua gitu, atau ya masuk jajaran hyung di grup. Eh taunya sekarang, dia maknae di EXO-M. Ajaib. Mukanya Tao juga salah satu muka yang gampang diinget karena dimana-mana mukanya sama (kan ada tuh beberapa member yang pas pertama liat kesannya wajahnya mirip satu sama lain, wkwk)

Terus Chen. Ini namanya irit banget, cuma Chen.

Picture20

Gak ada ketertarikan apa-apa sama Chen. Bahkan setelah lama aku suka sama EXO, aku gak pernah berniat ngejadiin dia bias. Walaupun akhirnya aku jadi suka semua membernya, termasuk dia ❀

Terus nama lainnya yang menarik perhatian aku adalah Xiumin. Lucu aja nyebutinnya. Searching fotonya lagi,Β dan nemulah ini :

13805958

Pertama liat, familiar wajahnya, kaya pernah liat dimana gitu. Dan disini Xiumin gak keliatan gendut. Mukanya oke buat jadi artis, cuma saat itu masih kepengaruh gosip oplas mereka, jadi ya mikirnya itu wajah palsunya. Lepas dari oplas-oplasan, foto dia ini salah satu foto teaser favorit aku. Jadi, aku sempet suka sama Xiumin di foto ini.

Kemudian Baekhyun. Lagi-lagi yang keluar adalah foto dengan konsep yang sama. Waktu itu gak tahu kalo ini adalah foto teaser mereka. Karena aku kira mereka udah debut, soalnya rame banget. Mereka bahkan sempet masuk nominasi apa gitu sekitaran Bulan Maret 2012, padahal belom debut. Ajaib -_-

Byun-baek-hyun

Gak tertarik. Ngeliat foto Baekhyun itu malah mikirnya dia umur 23-an lah sekitar. Dan ya, gak tertarik sama sekali.

Kemudian Chanyeol. Pas pertama baca namanya, lucu. Chanyeol Chanyeol Chanyeol, makanya dicari fotonya. Dan untuk kesekian kalinya, yang keluar adalah foto teaser.

Picture38

Gak tertarik juga sih sama foto ini. Sekedar liat, dan udah. Gak ada respon sama sekali. Belakangan aku liat, topi yang Chanyeol pegang ini yang dipake Xiumin. Coba cek lagi foto teaser Xiumin diatas. Foto keduanya, wkwk.

Udah deh, dari situ gak nyari yang lain. Nah, mereka belom debut juga tuh tapi salah satu majalah bikin profil lengkap mereka. Biodata, soal teaser mereka yang sampe 23 biji itu. Dari situ tahu semua nama member. Meskipun gak bisa kalo disuruh nyebutin satu-satu dan nunjuk orang-orangnya di foto. Masih ngeblur.

Pas sekitaran Bulan April, aku waktu itu lagi prakerin (praktek kerja industri) di salah satu perusahaan. Karena kegiatan belajar berhenti, jadi lagi asik-asiknya bikin FF. Ada proyek bikin FF bareng sama @neshanavy. Tunjuk cast-nya. Inget banget dia awalnya milih Kim Hyun Joong, dan aku milih Kai (padahal belom kenal juga). Dia protes, masa dia sama yang tua tapi aku sama yang muda? Ya aku bilang, aku maunya sama Kai. Tapi dia tetep nolak, dan akhirnya gak jadi. Akhirnya sama Minwoo. Butuh satu cast yang wajahnya agak garang, buat peran antagonis gitu. Aku kasih saran Kai, tapi tetep gak mau. Katanya boleh siapa aja asal jangan Kai. Jadi aku cari dari anak EXO deh.

Mulai liat dari foto-foto di laptop yang foto EXO-nya masih bisa dihitung dengan jari. Ketemulah foto ini :

dokyung

Wajahnya pembunuh banget. Sadis. Kejam. Jahat. Cuma gak tahu siapa namanya. Keingetan, di majalah kan ada nama-namanya. Dibukalah, dan tahunya namanya D.O. Do Kyung Soo. Nesha setuju buat pake dia. Tapi di FF itu nama dia bukan Kyungsoo, melainkan Dokyung, wkwk. Dan sekarang aku tahu, boro-boro pembunuh ya, jiwa emak-emak kaya D.O gini πŸ˜€

Sekalian kan aku buka majalah itu, aku liat-liat sekali lagi wajahnya. Sekalian pilih bias juga, karena saat itu aku belom punya bias. Dan tertarik sama foto ini :

20120216_exo_kris-600x400

Cool banget. Tapi pas diliat profilnya dia kelahiran 1990, leader. Yah, tadinya sih berharap dapetin maknae atau siapa gitu yang umurnya masih mudaan, hehe. Cuma, pas liat foto Kris yang lain (aku lupa yang mana) aku malah takut. Bukan takut sih, kaya aneh aja gitu. Kok mukanya beda? Jadi di foto yang aku liat itu kegantengannya berkurang. Gak jadi deh sukanya.

Picture11

 

Pas liat foto teaser Sehun yang diatas ini, keliatannya ada bule-bulenya gitu padahal enggak. Meskipun emang di foto ini ganteng, tapi gak tertarik juga sama Sehun. Paling lirik doang bentar, udah deh kesananya biasa aja. Masih mikirin oplas kali, ya? Wkwk.

Nah kemudian di majalah yang masih gaul itu bikin poster. Lay EXO-M. Dengan foto ini :

Picture25

Gak ganteng, tapi gak jelek. Tapi kayanya tuh orangnya baik, pendiem, dan cool aja. Meski ternyata dalam kenyataan dia gak sesempurna itu, wkwk. Berawal dari searching-searching itu, akhirnya pas ulang tahun Suho tanggal 22 Mei 2012, aku nemu foto Baekhyun yang lucu. Suka aja liatnya, langsung aja cari faktanya. Dan diliat dari fakta, dia sepertinya orang yang menyenangkan. Fix pilih Baekhyun jadi bias. Bahkan sampe sekarang, gak pernah ganti-ganti bias di EXO. Paling sempet ngebiasin D.O aja. Walaupun akhirnya seperti yang udah ditulis diatas. Aku jadi suka semua membernya.

***

Kalo ngomongin idol, kesannya gak afdol kalo gak pernah nyari foto-foto jaman predebutnya. Lucu aja gitu ngebanding-bandingin mereka yang dulu sama yang sekarang. Kita coba ulik satu-satu ya kira-kira ada perbedaannya atau enggak.

 

Ini foto pertama

32

Ini dia, Lay. Gak banyak yang berubah. Paling potongan rambutnya yang sekarang lebih rapi. Terus ini waktu predebut keliatan agak gemukan ya Lay, tapi sekarang udah kurusan. Mungkin keseringan latihan, jadi lemak-lemak di tubuh mengendur, hehe. Tetep ganteng juga. Dengan wajah yang sama kaya predebut ini, bingung kan kalo mau ngomong dia oplas. Oplas sebelah mananya coba? Gak ada bedanya tuh.

 

Foto kedua

tumblr_m4r3rmbs0G1rp4pgdo1_500

Ketebak langsung kan? Iya, ini Chen. Kok bisa ngenalin sih padahal fotonya kan ngeblur? Nah itu tandanya kalo emang wajah dia gak berubah dari sebelom sama setelah debut. Sama kaya Lay tadi, paling cuma beda di penampilan aja. Β Karena sekarang jadi seorang public figure, jadi penampilan juga gak boleh asal. Chen oplas? Ehm, mikir dua kali deh.

 

Foto ketiga

Serem ._

Serem nih mukanya. Kesannya kaya lagi mau nusukin pisau ke orang lain dari belakang gitu. Tapi gak mungkin. Sekali lagi, dia cuma namja unyu dengan sifat keibuan yang luar biasa *tendang*. D.O. Keliatan kan muka D.O nya? Sebenernya ada foto D.O waktu masih gendut dulu. Lagi makan semangka dan pake baju dengan gambar bendera Korea. Nah itu masalahnya, dia terlalu nasionalisme. Andai saja dia pake baju dengan bendera Indonesia, mungkin akan aku pajang disini *kapan juga*. Ada yang tahu kalo oplas bisa ngilangin berat badan? Atau mungkin D.O dulu sedot lemak? Siapa yang tahu, yang jelas aku sangat meyakini persamaan wajah D.O ini, hampir gak ada beda kecuali sekali lagi, penampilan.

 

Foto keempat

tumblr_m4ua8gt10a1qetiteo8_500

Mungkin disini kita bakal ngomongin soal penampilan lagi. Atau lebih spesifik aja, ngomongin soal poni. Jadi ini harusnya poni Baekhyun gak lulus sensor saking pendeknya. Tapi okelah, yang penting kan wajahnya. Wajahnya tetep sama, meski ekspresinya menghawatirkan disitu. Kesannya kaya tertekan, mau marah tapi sama siapa. Mungkin dia kesel karena tukang salon motong poninya kependekan disaat dia akan foto buat graduation-nya. Jelas dia bete banget, karena foto itu akan muncul di buku tahunan dan semua teman seangkatannya bisa mengenang wajahnya kala dulu. Denger-denger nih, Baekhyun setelah jadi artis suka liat-liat foto dan video predebut-nya. Dan dia suka ketawa sendiri. Yah, nikmati hidupmu sekarang dan tinggalkan masa lalu πŸ˜€ ngomong-ngomong, wajahnya tetep kan? Gak ada bekas oplasnya kan?

 

Foto kelima

pre-debut-kai

Ah ini jelas banget mukanya Kai. Lagian kayanya ini predebut-nya gak jauh-jauh dari hari debut dia. Mungkin sekitar 3 atau 4 bulan sebelom debut, atau mungkin sebelom keluar teaser kali ya. Gak ada perbedaan. Ada juga foto-foto predebut Kai jaman dulu. Jaman SD apa SMP gitu, tapi tetep aja mukanya gitu. Bahkan waktu bayi, muka dia udah keliatan bakal kaya sekarang. Jadi, dia oplas sebelah mananya ya? Udel mungkin? Atau bagian punggung? Gak ngerti deh, gak nemu juga bedanya.

 

Foto keenam

Kaya orang indonesia

Kaya orang Indonesia kalo liat foto ini. Mungkin emang Tao ada darah Indonesia-nya kali ya *ngayal*. Mukanya udah Tao banget. Keliatan pula di foto ini kalo dia emang tinggi. Tapi tetep, gak kemukaan maknae. Kesannya malah dewasa. Ini salah satu foto predebut Tao favorit aku. Keliatan cocok banget Tao dengan gaya rambutnya yang seperti itu. Jadi, apa masih ada yang bilang Tao oplas? Mungkin kalo dia oplas, motif utamanya adalah menjadikan wajahnya seperti wajah maknae pada umumnya. Tapi nyatanya, akhir-akhir ini dia bisa merubah image dia jadi maknae, tanpa merubah wajah tentunya.

 

Foto ketujuh

303784_212769278783252_212761028784077_561599_1384263953_n

Kesannya tinggi deh Suho di foto ini. Aslinya kan pendek *kabur*. Disini juga badannya keliatan gede. Tapi coba deh liat fotonya, tapi tutup mukanya. Kemudian buka. Wajahnya gak cocok sama badan. Mukanya terlalu imut buat badan sebesar itu *muji atau apa*. Berarti asli nih ya, wajah imutnya udah ada dari dulu. Dan gak oplas lagi. Udah deh, kok malah ngomongin oplas? Ini buat menebus dosa aku yang dulu ngata-ngatain kalian pake uang Suju buat oplas. Mianhae minhae, mianhaeeeee! *bertekuk lutut ditengah hujan* *lebay*

 

Foto kedelapan

Ko jelek banget ini

Siapa nih? Mukanya kok kaya singa betina gitu? *ditembak mati*. Ini Chanyeol kawan-kawan. Ini Chanyeol. Sebenernya banyak foto predebut dia yang mirip banget sama muka yang sekarang. Cuma aku pilih yang agak beda. Mirip Sungyeol INFINITE gak sih foto ini? Wkwk lupakan. Jangan mikir tadi aku cuma becanda ngomong dia mirip mukanya kaya singa betina. Beneran. Pas liat foto ini, kesan pertamanya ya gitu, mirip singa betina. Tapi di foto ini aja sih, karena di foto yang lain sama sekali gak ada wajah singa-nya. Meski wajahnya yang ini mirip singa betina, tapi tetep liat matanya, hidungnya, mulutnya, udah punya Chanyeol dari lahir. Gak ada yang ditambah ataupun dikurang. Kalo ada, kabari aku secepatnya!

 

Foto kesembilan

tumblr_m8t4tnXyQA1rtiirjo9_250

Coba tebak siapa anak emo yang satu ini? Bukan, dia bukan mantan personil band indie ataupun member-member band underground gitu. Ini Xiumin. Kayanya gak perlu dikasih tahu juga udah pada tahu kali ya, orang mukanya sama kaya sekarang. Nah, foto yang ini keliatan Xiuminnya gendut ya. Mirip Sansan Pee Wee Gaskins jaman dulu *bakar banner* (jangan di bash ya). Wajahnya bisa dikenali kan? Tetep kan? Oke, kasih label non oplas πŸ™‚

 

Foto kesepuluh

8641590_orig

Wah jelas banget nih muka siapa. Udah kaya vampir gitu, siap sedot darah. Ada satu foto predebut Kris yang sempet jadi olok-olokan paling jitu. Yang dia lagi main basket. Disana dia item banget. Kotor gitu kesannya banyak ternodai *ambigu*. Mungkin emang abis main basket juga kali ya, jadi capek dan belom sempet mandi. Kalo udah mandi, dijamin deh nanti jadi kinclong lagi kaya perabot di museum (apa maksudnya ini? -,-) Oke, kalo foto yang diatas ini gak usah ditanya lagi lah. Berapa kali juga Kris ngomong ke media, kalo dia gak pernah ngelakuin operasi plastik, meskipun tetep banyak oknum yang kukuh pendapat kalo dia ini oplas. Wajah sama, apanya coba yang oplas?

 

Foto kesebelas

179261_422662057818772_1041529356_n

Sehun ini mantan ulzzang. Jadi banyak banget foto selca dia yang oke-oke dan kece-kece semasa predebut. Diliat dari foto diatas kayanya itu jaman-jaman SD gitu iya gak sih? Kalo salah, maaf, kasih tahu juga dong itu sebenernya jaman kapan. Soalnya mukanya tuh udah paling Sehun banget. Orang awam yang gak tahu EXO pun kalo disuruh masang-masangin antara foto predebut dan setelah debut langsung bisa menentukan, haha. Non-oplas ya Sehun, kamu lolos. Selamat!

 

Dan terakhir. Paling favorit.

EXO-LU-HAN-pre-debut-photo

Lagi-lagi mereka terhalang oleh penampilan. Aku kan sempet baca salah satu FF gitu, disana ada dialog Lay yang bilang ke Luhan kalo ada tukang cuanki mirip muka Luhan waktu predebut. Dan alhasil, hampir semua foto predebut Luhan jadi bahan hujatan. Contohnya yang diatas itu. Pelaku utama yang seneng banget nge-bully Luhan adalah @YSelamarta, sebut saja Yani. Dia bilang foto diatas itu kaya foto teroris. Sekilas iya sih, kaya pelaku pengeboman bunuh diri gitu *dibom*. Seneng banget bully dia pake foto predebut. Ada juga salah satu foto yang lagi-lagi Yani yang bilang kalo dia mirip Tukul Arwana. Waktu itu kan aku belom ngerti-ngerti banget soal ulzzang, dan dibilang kalo Luhan semasa predebut adalah ulzzang China. Kaget dong. Biasanya liat foto ulzzang se-Sehun gitu, taunya kok ini wajahnya kayak gini sih? Okesip. Pendapat orang beda-beda kan. Lagian, kita bully Luhan karena kita sayang sama Luhan ❀

Untuk menebus kesalahan karena udah menghujat, ini dikasih lagi deh satu foto predebut Luhan. Tuh ge, kurang baik apa coba gue?

tumblr_m711elPI7H1rrdf6ao1_500

Udah bagus nih ya fotonya? Gak memalukan kaya yang tadi. Ini baru ulzzang yang sesungguhnya. Kita sayang Luhan *peluk cium* πŸ™‚

Beres deh bahas predebut-nya. Langsung aja kali ya ke profile membernya. Setelah itu baru masuk ke couple favorit aku πŸ™‚

***

Susun menurut umur aja ya sekarang, hehe.

XIUMIN

tumblr_mfhrrdcIr31rerns7o1_500

Dia ini yang paling tua dari 12 member yang ada. Gak tau deh kenapa gak dia yang dijadiin leader di EXO-M, mungkin karena terlalu imut dan gak ada tampang paling tua O:) Lahir tanggal 26 Maret 1990 dengan nama Kim Min Seok (김민석), dan mendadak jadi Xiumin setelah debut. Mungkin karena dia debut di subgroup EXO-M dan otomatis bakal tinggal di China, jadi namanya diganti biar berkesan lebih mandarin aja gitu. Atau mungkin juga karena nama Xiumin dipandang lebih imut daripada Minseok, entahlah siapa yang tahu. Dia ini hyung yang menyenangkan, kebetulan sih golongan darahnya B. Kata orang kan biasanya orang-orang B itu ceria πŸ˜€

LUHAN

jcgdk

Pertama liat Luhan kan cantik (yang di teaser tadi), eh taunya liat foto ini jadi ganteng. Sebenernya bukan foto yang ini sih, tapi lagi dalam tempat dan waktu yang sama. Kalo gak salah itu waktu mereka mau pergi showcase ke China, iya kan? Sempet suka lah sama Luhan ini. Nama aslinya Lu Han. Dia lahir tanggal 20 April 1990, beda sekitar sebulanan sama Xiumin, dan dia juga gak kepilih jadi leader. Sama kali ya, mungkin wajahnya terlalu imut buat jadi leader, hehe. Kalo masih bingung kenapa kalo ada yang bikin fanart Luhan selalu ada tanduk rusa dikepalanya, itu karena arti nama “Lu” dalam bahasa mandarin adalah Rusa. Kalo udah tahu, ya gapapa, sekedar mengingatkan.

Luhan ini emang pinter kayanya. Gimana engga? Dia ini pas masuk trainee di SM waktu lagi dalam masa pertukaran pelajar di salah satu universitas bagus di Korea. Aku lupa namanya, bisaΒ searching aja kali ya πŸ˜› Oya, kalo kalian suka main rubik, coba deh tanding sama Luhan. Soalnya dia bisa nyelesein rubik cube dalam waktu kurang dari satu menit! Hebat nih rusa, wkwk. Waktu Luhan beberapa kali bales message fans di fanboard EXO, dia nih balesnya pendek-pendek. Cape kali ya ngeliat pesan jutaan biji per detik gitu, hahaha πŸ˜€

KRIS

Kris with his child

Ini foto Kris sama anaknya, Ace. Dari beberapa sumber yang aku dapet sih, boneka ini hadiah dari Lay. Terus Lay bilang, harus jaga bonekanya sama seperti jaga anak sendiri. Jadi deh tuh Kris bener-bener bersikap seperti ayah πŸ™‚ Walaupun suka bawa-bawa boneka ini kemanapun, tetep gak ngilangin kharisma dia. Kuat banget nih leader EXO-M kharismanya. Mukanya juga ganteng, mungkin percampuran darah China dan darah Kanada bisa menghasilkan sesuatu yang ganteng kali ya? Hehe. Lahir tanggal 6 November 1990, berarti zodiaknya Scorpio, sama kaya aku *lupakan*. Nama aslinya Wu Yi Fan, jauh banget dari Kris. Dulu dia ini pernah jadi kapten tim basket di China, gak heran sih kalo dia main basket, tingginya aja kan 188, walaupun waktu di acara apa gitu dia bilang sih 187. Tapi, masa aja menyusut? -.-

Lay pernah bilang kalo leader yang satu ini rajin banget ngerawat kesehatan kulitnya. Apalagi wajah. Dia selalu pake krim malam gitu kalo mau tidur. Dan alhasil saat itu Kris derp banget karena rahasianya dibongkar sama Lay, wkwkwk.

SUHO

4c33e422ef94254c4177a6d6e99f6859

Namanya Suho, tapi nama aslinya Kim Joon Myeon (κΉ€μ€€λ©΄). Dia ini leader EXO-K, paling tua juga di EXO-K, tapi paling pendek -.-v Pendeknya cuma 171cm. Tapi gapapa, untung imut jadi cocok πŸ™‚ Lahir tanggal 22 Mei 1991. Banyak yang bilang kalo dia mirip Siwon, tapi kok aku gak liat ya sebelah mana miripnya? Wkwkwk. Dia ini golongan darahnya AB. Kata orang-orang sih kalo golongan darah AB itu jalan pikirannya suka susah ditebak. Jadi suka melakukan hal-hal yang gak terpikirkan sama orang lain. Misalnya nih, dia tuh pernah bilang kalo dia percaya masih bisa tumbuh dan akan setinggi Kris. Oke, mungkin ini kesannya emang cuma menghayal aja ya. Terus dia kan suka minum kopi dan baca koran, makanya dia mengklaim diri sebagai bos karena perilakunya itu. Terus kalo aku minum kopi sambil baca koran berarti aku bos? Suho suho -.- Tapi dia ini leader yang baik loh, suka traktiran ke member yang lain. Terus jarang marah juga, hihihi.

LAY

Lay for white day

Member EXO-M ini punya nama asli Zhang Yi Xing, lagi-lagi jauh dari Lay. Dia lahir tanggal 7 Oktober 1991. Gak ngerti deh sama manusia ini. Dia tuh kelewat innocent. Lay ini suka ngelucu, cuma sebenernya gak niat mau ngelucu, tapi disitulah letak lucunya. Contoh waktu ada di satu acara, kan Luhan dibilang member yang lucu (kocak maksudnya), tapi Luhan bilang masih lebih lucu Lay. Kemudian Lay dengan polosnya bilang, “Aku gak lucu.”, dan justru itu yang bikin orang-orang ketawa. Polosnya dia tuh natural banget. Dia juga pernah bilang, “Entah kenapa, setiap aku bicara, orang-orang suka ketawa.”. Aduh Lay, kamu kayanya punya sisi humoris yang unik tanpa kamu sadari, tapi kamu sebenarnya berpotensi, wkwk apa deh ah.

BAEKHYUN

tumblr_m3zo5wvkS31qbr0fco1_500

Hujatnya dari mana dulu nih? Mumpung bias, wkwk. Biasa dulu aja deh kayanya ya. Byun Baek Hyun (λ³€λ°±ν˜„), lahir tanggal 6 Mei 1992. Golongan darahnya O, tingginya 174cm. Punya kakak laki-laki, bedanya 7 tahun sama dia. Baekhyun ini orangnya menyenangkan sekali, dan bisa dibilang agak sedikit gila kalo udah nyampur sama temen-temennya. Apalagi temen-temen sekolahnya. Coba liat aja video-video predebut dia bareng temennya. Light Switch Dance. Ituloh, joged sambil main-mainin saklar lampu, biar kaya lagi di klub gitu, lampunya mati nyala mati nyala. Terus ada juga yang dia hapkido-hapkidoan sama temennya. Apa banget dia ih. Setelah masuk EXO, ketemu Chanyeol dan jadi temen baik. Sama pula kelakuannya kaya gitu -.-

Banyak orang yang ngira dia ini masih muda banget. Ada malah yang bilang dia kaya anak umur 13 tahun. Muka sama kelakuan. Padahal kemaren aja dia baru ulang tahun yang ke-22 (umur disana), jadi udah gak muda-muda juga sih. Selain deket sama Chanyeol, dia juga deket sama Tao. Katanya Tao suka deket-deket Baekhyun karena dulu pas jaman-jaman trainee, Baekhyun suka ngajak dia kemanapun. Mungkin Tao jadi nyaman gara-gara itu. Salah satu staff juga pernah bilang, Baekhyun ini orang yang baik, makanya Chanyeol mau temenan deket sama dia. Emang sih, bias gue pasti orang baik-baik. Kalo gak baik, ngapain dijadiin bias dong ya? Wkwkwk. Karena ini bias, kasih fotonya dua ah πŸ˜€

Baekhyun tampan

CHEN

tumblr_m42al7ndbo1rskh5go1_500

Chen, Kim Jong Dae (κΉ€μ’…λŒ€), orang China abal-abal. Jadi dia ini orang Korea, tapi kebagian masuk subgrup China, dan wajahnya juga kaya orang China, wkwk. Dia lahir 21 September 1992. Main vocal. Suaranya khas, dan tinggi banget. Suara tingginya sampe melengking gitu. Dia ini Β dapet julukan Dancing Machine dari fans. Beberapa sumber ada yang bilang kalo emang dia ini jago dance-nya. Tapi ada yang bilang, dia dapet julukan itu karena suka joged yang aneh-aneh. Misalnya waktu di airport dia joged kaya vampir gitu. Ya apapunlah, asalkan Chen senang πŸ™‚ Karena dia dapet tugas promosi di China, maka dia harus belajar bahasa China, dong? Dan dia bener-bener bekerja keras. Sekarang aja bahasa Chinanya udah lumayan bagus, kalo dibandingin sama Xiumin, wkwk -.-v

CHANYEOL

exok-chanyeol-2

Happy Virus di EXO-K. Chanyeol, Park Chan Yeol (λ°•μ°¬μ—΄). Lahir tanggal 27 November 1992. Wajah nyengirnya tuh udah khas banget deh Chanyeol. Bukan cuma senyum, tapi kalo ketawa juga. Jadi dia tuh mau ada yang lucunya lucu banget, atau lucunya biasa aja, ketawanya pasti puas banget. Sampe tepuk-tepuk tangan gitu. Girang banget pokonya. Tapi dibalik tingkahnya yang diluar batas itu, dia ini sebenernya romantis, loh. Kalo mau tanya seromantis apa dia, tanya aja sama Kim Yejin. Yaaah, kok bawa-bawa Yejin sih? -_- Buat yang gatau, Yejin ini mantannya Chanyeol, dia trainee di SM juga. Model MV SHINee – Amigo. Udah deh ya, bahas Yejinnya udah kebanyakan.

D.O

d.o-exo-i9

Sempet ngebiasin D.O untuk waktu yang gak sebentar gara-gara foto diatas. Tapi sekarang, Baekhyun aja udah cukup πŸ™‚ D.O, Do Kyung Soo (λ„κ²½μˆ˜). Lahir tanggal 12 Januari 1993. Main vocal di EXO-K. Banyak orang bilang muka dia mirip Morgan SMASH. Tapi enggak ah, meskipun aku pernah nemu satu titik part di MV MAMA, dia mirip. Ini nih

EXO-K MAMA.FLV_000245579

Ga mirip? Biarin, karena awalnya emang gak ngeh dia mirip Morgan, jadi ya miripnya segitu πŸ˜€ Oya, itu member yang lainnya di blur soalnya gayanya pada derp gitu. Takutnya malah fokus kesana dan D.O nya terlupakan, wkwk. D.O ini koki handal. Dia emang biasa masak buat member yang lain. Dia juga rapi banget. Di lemarinya, semua baju dia tata menurut warna, merk, dan bahan. Ibu-ibu banget gak sih dia ini? Makanya dia dapet julukan eomma dari yang lain, hahaha.

TAO

tumblr_mf87ijZyKf1rw11rwo1_500

Tao, Huang Zi Tao. Orang China asli, keliatan kali dari muka. Lahir tanggal 2 Mei 1993 (sama kaya Sungjae BtoB dan Jinwoon 2AM) eaaaa dibahas teruuus. Tao ini maknae di EXO-M. Meskipun dia wajahnya dewasa, tapi kalo udah aegyo, wajah maknaenya langsung keluar. Dia ini gampang banget nangis. Waktu itu malah Baekhyun pernah dimarahin Kris gara-gara bikin dia nangis -_- Waktu interview suatu acara juga, dia ditanya kan, “Kangen gak sama member-member EXO-K di Korea?”, dia nangis gitu. Ouuuuh bener ya apa yang orang bilang. Tao ini muka security tapi hati hello kitty (langsung di-bash, wkwk)

KAI

tumblr_m28oqteqOB1rqare6o1_500

 

Dosa gak sih ngasih fotonya yang ini? Wkwk, gapapa lah ya kali-kali πŸ˜› pernah ada cerita rahasia antara aku dan Kai ini. Jadi di sekolah kan ada satu orang yang selalu kena bully, namanya Wiwin. Dia ini suka Kai. Jadi aja Kai bahan ejekan juga. Tapi sebenernya saat itu aku suka Kai, tapi gak bilang, dan gak ada yang sadar juga. Sampe akhirnya beberapa orang ngaku kalo dia suka Kai, jadi aku ikutan ngaku deh. Setelah itu, Kai jadi bias bersama karena semua pada suka, wkwk *malah curhat*

Okedeh, namanya Kim Jong In (김쒅인). Namanya diganti Kai, mungkin karena Jongin terlalu kampungan *diamuk masa*. Lahir tanggal 14 Januari 1994. Dia ini kharismanya sangat berlebihan, makanya dijadiin face of group. Kenal deket sama Taemin SHINee, wajahnya juga mirip. Mungkin mereka kembar yang baru saja dipertemukan kembali oleh SM, wkwk. Meskipun gitu, dia lumayan sering di bully loh sama member lain. Sabar ya Kai -.-

 

SEHUN

sehun04

 

Ekspresi Sehun paling favorit! Pernah dijadiin background flashdisk juga, wkwk. Dia punya marga namanya Oh. Berarti namanya Oh Se Hun (μ˜€μ„Έν›ˆ). Lahir tanggal 12 April 1994. Paling muda dari semua member EXO. Jadi udah jelas, kalo dia ini maknae. Sehun ini kalo dibandingin yang lain, bagian nyanyinya sedikit. Contoh paling ngenes itu di lagu 365 yang kemaren bocor. Bagian Sehun cuma “Eotteon appeumdeo”, udah. Kasian sih, tapi Gongchan bagiannya sedikit juga aku biasa aja, wkwk. Dia suka pake senjata aegyeo-nya kalo lagi pengen sesuatu dari hyung-nya. Misal tuh kalo dia lapar, dia bakal ngeluh lapar ke D.O sambil aegyeo minta dikasihani gitu, dan D.O akhirnya bikinin makanan buat dia. Sssst, evil maknae loh dia juga sebenernya!

Syudah 12 member, dan lagi-lagi profilnya gak lengkap oke, kebanyakan curhat. Sekarang kita lanjutin aja ke couple-couple yang ada di EXO.

***

Sebenernya ada banyak couple. Meskipun idealnya cuma bakal ada 6 couple seharusnya, tapi banyak diantara mereka yang multi couple, wkwk. Contohnya Suho couple-nya D.O, dan dia juga di couple-in sama Lay. Luhan couple-nya Sehun, tapi di couple-in lagi sama Xiumin atau Lay. Chanyeol couple-nya Baekhyun, tapi di couple-in juga sama Kris. Gitu deh lika-liku kehidupan mereka. Tapi aku cuma mau bahas couple favorite aku aja. BaekYeol/ChanBaek sama HunHan.

Mulainya dari HunHan aja dulu kali ya.

558412096

Ini berdua mukanya ada kemiripan. Kemana-mana berdua, pake baju sejenis pula di foto yang atas. Persis banget deh sama upin ipin. Inspirasi mungkin buat kru SM yang lagi baca blog ini *ngarep*, coba bikin project recycle buat kartun Upin Ipin versi Korea. Dan yang main adalah Sehun sama Luhan.

Mereka ini couple yang manis. Liatnya tuh kaya penuh dengan kasih sayang. Beli bubble tea bareng, otomatis jalan bareng berdua. Tapi sayang, moment-moment dua sejoli ini kurang sering muncul karena mereka LDR (Long Distance Relationship). Sehun di Korea dan Luhan di China. Tapi malah, sekalinya mereka ketemu, ada aja hal manis yang bakal mereka lakukan. Saking kangennya mungkin.

Luhan juga pernah bilang, dia harus menjaga Sehun dengan baik karena Sehun sudah seperti adiknya sendiri. Tapi kira-kira, Sehun nganggap Luhan kaya kakaknya gak ya? Atau dia malah mengharap lebih? Apalagi deh ini.

 

tumblr_ly7dmmzbAJ1rntrqmo1_500

 

Orang ketiga diantara hubungan mereka adalah Kai. Jadi, karena Luhan nun jauh disana, akhirnya Sehun dapet temen baru, Kai. Tapi kalo mereka udah ketemu bertiga, jadinya ya main bertiga aja. Gak terkesan kalo Kai itu perusak hubungan mereka, wkwk. Kebukti waktu EXO lagi di Filipina. Masih diatas panggung, mereka pada megang bunga mawar gitu. Sehun so’ ngasih ke Luhan, ceritanya nembak, tapi ditolak. Eh, Kai ikut nyodorin bunga juga ke Luhan, tapi kali ini diterima. Dan mereka keluar panggung bertiga gitu. Trio kwek kwek yang jago dance! πŸ˜‰

 

BAEKYEOL COUPLE

Kalo HunHan adalah couple yang manis dan romantis, beda sama yang ini. Kalo ngeliat HunHan romantis kan seneng ya, manis gitu. Nah kalo liat foto dibawah ini?

 

 

Bahkan di airport..

Foto ini akan terasa romantis seandainya yang melakukan adalah Luhan sama Sehun. Sayang, malah BaekYeol. Mereka ini couple paling gila kalo kata aku. Konyol aja gitu hidupnya. Ada lagi nih foto yang semacam itu:

BBr5SzOCYAAOg_o

Chanyeol terus nih yang mulai. Berarti Chanyeol yang ganjen. Baekhyunnya mau gak mau gitu wajahnya. Itu beneran gak mau atau takut diliput media Wkwkwk. Mereka ini awalnya deket karena waktu trainee sering pulang bareng. Maklum, rumahnya searah. Terus karena sering ngobrol, ketauan lah bahwa Baekhyun kenal sama temennya temen Chanyeol, kalo gak salah sih gitu. Dari situ mereka temenan sampe dalam tahap seserius ini. Bahkan mereka satu kamar di dorm. Kebayang kan bakal ngapain aja mereka berduaan disitu? *ngapain coba*

baekhyun34_5016044545653313789

Cie posenya gitu lagi. Tapi kali ini Baekhyun yang maksa, tapi kaya yang disuruh gitu sama Chanyeol. Soalnya muka si Chanyeol girang luar biasa, wkwk. Chanyeol ini protektif sama Baekhyun. Dia bilang kalo badannya Baekhyun itu lebih kecil dari dia, jadi dia harus ngelindungin Baekhyun. Salah satu caranya dengan megangin tangan Baekhyun kalo lagi jalan. Mungkin takut Baekhyun kesandung batu terus jatuh. Kesannya Baekhyun kaya kakek-kakek gitu 😦

Kalo orang ketiga diantara mereka itu adalah Kris dan Tao. Mereka tergabung dalam sebuah couple juga. TaoRis. Tao bertanggungjawab menikung Baekhyun, dan Kris bertanggungjawab menikung Chanyeol, haha apa-apaan ini main tikung -_-

***

Udah deh, mau bahas apa lagi? Udah capek. Bacanya juga pasti malesin, kan? Udah ah, terakhir deh kasih foto-foto aja ya πŸ˜€

Β Β Β Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β EXO-K 43E76a_EXO-1

9Ozrh

17549-exo-on-their-way-to-disneyland-smtown-la-coverage-photos exo-100-days

EXO-M-kpop-31910622-640-427

Udah ah sip. Perlu diingat aja, hari ini adalah hari keluarnya teaser comeback EXO yang pertama. Mungkin besok aku posting deh. Sejarah banget dalam dunia ini, akhirnya EXO comeback! Alhamdulillah banget. Udah nunggu setahun lebih. Kerjaan mereka tiap hari nyanyi lagu MAMA, dan sekarang mereka akan punya lagu baru, hehehe. Nah, nama album barunya itu EXO First Class – XOXO Kiss & Hug. Cium dan peluk. Di postingan Luhan ulzzang diatas, terakhir ada bagian peluk cium gitu. Aku nulisnya sebelom tahu kabar comeback EXO dengan kiss & hug nya loh! Jadi, ini semacam tanda-tanda dari Luhan. Auuuuuh μ—‘μ†Œ μ‚¬λž‘ν•΄μš”!

 

 

Credit Profile : koreanmaniac.com

Credit Photos : to the owner

 

TAKE OUT WITH FULL CREDITS

(Btw, aku baca postingan ini lagi setelah beberapa bulan, tapi jadinya ngakak sendiri. Kok gini banget yak? Udah paling bener nonton aja EXO Showtime :-D)

16 thoughts on “Dari Mata RIRINOVI (edisi EXO)

  1. klw buat aq….lay,luhan,kris lgi comel berbanding yg lain….harapΒ² dapat jumpa mereka

  2. menarik banget artikelnya ga bosen kok πŸ˜€ ,, apalagi yg bagian chanyeol biar lucu ga lucu dia ketawa nya heboh sampe tepuk2 tangan gitu .emang gitu orgnya happy virus bangeet udah gitu sopan banget bener2 bias-able hehee .

    • Kalo buat aku, Chanyeol itu tipe kakak banget. Kayanya kalo jadi ade dia bakal bahagia sebahagia bahagianya haha
      Asik gitu diajak seru seruan dan kalo kita cerita dia bakal yg dewasa banget *.*
      Ngayal ya gapapa πŸ˜€

      Btw makasih ya udah sempetin baca dan komen πŸ˜‰

  3. Nulis lagi dong kak, ngakak nih boro2 bosen baca haha. Serius deh, kalo kaka biasin baekki aku sehun:D *gananya haha. Awal baca sih fikiran udah nuju ke oplas, wah mungkin aja artikelnya ngebahas dan ngebongkar member exo yg oplas meksipun thehun cadel ga mungkin oplas soalnya mukanya sama aja dari dulu gitu2 mulu haha-_- oke melencong lagi kan. Ya pokonya suka banget deh sama artikel ini kak!^^ hehe. Semangat terus nulis tulisan ngakak nya ya;;)

    • Aduh aku bukan pelawak.
      Ini serius aku tuh cerita, dan sama sekali gak niat bikin orang ketawa, tapi…… yasudah, jadi seneng deh bisa bikin orang bahagia xD
      Yah kita kan jangan terlalu serius kalo hidup ya, ntar stres wkwk

      Btw, makasih ya udah baca dan komen πŸ˜‰

    • *Lalu aku baca ulang* *ketawa sendiri*
      Kadang suka heran, bisa bisanya dulu bikin tulisan kayak begitu πŸ˜€
      Tapi luhan emang cantik kaaaaan? Hahahaha

      Btw makasih ya udah sempetin baca dan komen πŸ˜‰

  4. Entahlah ada bagian yang buat ketawa gila. Ada juga yang nahan senyum. Sebenernya aku bukan xoxo sih, tapi iseng aja buka-buka tentang exo trus nemu blog ini, soalnya aku masih penasaran sma kris, dia itu susah senyum apa nggak bisa senyum? Hakz. (Eh udah ex-exo ya? xixixi..)
    Makasih buat tulisannya. (cap kaki anak anjing) — jejak maksudnya
    Ngomong” soal bias. Bias is idol right?
    Awalnya tau exo dari nama Luhan (say thank you to Luhan) *cup
    Nge-biasin Luhan dan ternyata Luhan itu mukanya kayak cewek, gue? lewat banget, eh ternyata ada Kris pindah gitu ke Kris soalnya liat foto dia itu cool pake begete, trus ternyata ada Kai yang sexy itu, abs-nya bikin meleleh. *ngences sekarang aja background laptop tampang si Jongin yang sexy-eh.
    Next kok ternyata Sehun sekarang ganteng gitu, padahal dulu tiap liat foto exo sehun aku lewatin aja. Hahaha..
    Dan nama Sehun akhirnya aku pake buat ff, ff yang nggak tau kapan selesainya. Intinya aku nggak tau mau nge-biasin siapa. πŸ˜€
    Nah Lo, nah Lo kepanjangan gini, maaf. πŸ™‚
    Salam kenal aja yaa.

    • Btw, fandom exo itu namanya EXO-L sekarang udah resmi πŸ™‚
      Dan ya, bias itu member favorit di grup.

      Udah nonton exo showtime belom? Kenangan kenangan sama kris semua numpuk disana. Kalo mau tau kris senyum sampe ketawa ketawa dan bikin orang lain ketawa juga disana :’)
      Biasin aja semuanya, gak ada larangan buat biasin semuanya kok karena exo itu semuanya bias-able bangetttt πŸ˜€

      Daaaaaan semoga cepet beres ya ff nya, ntar bagi bagi dong link nya biar aku baca πŸ˜‰

      Terakhir, thanks ya udah sempetin baca dan komen πŸ™‚

    • Sama sama chingu, semoga membantu meskipun info ala kadarnya haha
      Hai tao biased πŸ™‚ makasih ya udah sempetin baca dan komen πŸ˜‰

Leave a Reply

